Jumat, 01 April 2011

F.A.M.E. (Chris Brown album)

"F.A.M.E. (Forgiving All My Enemies)" merupakan sebuah album studio keempat dari penyanyi asal Amerika Chris Brown. Album ini dirilis pada tanggal 18 Maret 2011 di Jive Records. Brown bekerja dengan beberapa produser rekaman dan penulis lagu untuk album ini, termasuk Benny Benassi, DJ Frank E, Kevin McCall, dan Diplo. "Yeah 3x" dirilis sebagai single pertama album ini pada tanggal 25 Oktober 2010, dan single kedua "Look at Me Now" dirilis sebagai single pada tanggal 1 Februari 2011 yang dinyanyikan Brown bersama rapper Amerika Lil Wayne dan Busta Rhymes. Debut album menduduki nomor #1 di U.S. Billboard 200 chart, yang terjual mencapai 270.000 kopi dalam minggu pertama.

Pada bulan September 2010, Kevin McCall mengungkapkan Brown telah mulai mengerjakan album keempat- nya ini dan mengatakan ia telah merekam musik dengan Brown dan Timbaland. Pada tanggal 18 September, Brown mengumumkan bahwa album ini akan berjudul F.A.M.E., dan pada tanggal 25 Desember 2010, Brown mengatakan melalui Twitter- nya bahwa ia akan berkolaborasi bersama Justin Bieber dari salah satu lagu di album terbarunya ini, dan mungkin juga berencana berkolaborasi dengan Bruno Mars. Wiz Khalifa, Asher Roth dan Game juga diketahui telah bekerja dengan Brown di album ini.

Musik dalam album ini mencakup R&B, pop, hip-hop, reggae, dan Europop. Termasuk single pertama "Yeah 3x", terdengar cukup berbeda dengan single-single sebelumnya, dimana disini terasa banget unsur Electro-Dance Techno-nya sehingga agak menutupi unsur R&B ciri khasnya. Lagu ini telah dibandingkan dengan hit Brown ditahun 2008, "Forever" dan "Bulletproof" milik La Roux. "Deuces" merupakan salah satu single andalan di album mixtape Brown, "Fan of a Fan" (2010) yang juga dimasukkan di album ini. Dalam single bernuansa klasik ini, Brown berduet dengan rapper Tyga dan Kevin McCall. Single bertema cinta ini berkisah tentang seseorang yang mencoba merelakan kegagalannya dalam menjalin hubungan asmara. Lagu "Bom" dinyanyikan bersama Wiz Khalifa. Dan lagu "Beautiful People" merupakan lagu yang dinyanyikan Brown bersama Benny Benassi.

Album ini dirilis pada tanggal 18 Maret 2011 dalam versi standar, dan deluxe edition yang menampilkan lima lagu tambahan. Cover album untuk album ini dirancang oleh Ron English dan diumumkan pada tanggal 14 Februari 2011. Daftar lagu resmi album ini kemudian diungkapkan pada tanggal 22 Februari 2011. Sebagai bagian dari promosi album ini, Brown menyanyikan lagu "Yeah 3x" dan "No Bullshit" di acara Saturday Night Live pada 12 Februari 2011.

Pada tanggal 22 Maret 2011, Brown tampil di televisi Good Morning America dan menyanyikan lagu "Yeah 3x", dan juga pada acara 106 & Park, di mana ia menyanyikan lagu "Deuces", "Look at Me Now" dan "Ain't Thinkin' 'Bout You". Setelah album dirilis di Inggris, lagu "Next 2 You" memulai debutnya di UK Singles Chart di nomor #49, juga memulai debutnya di US Billboard Hot 100 di nomor #26 pada tanggal 31 Maret 2011. Lagu lainnya, "She Ain't You", juga memulai debutnya di Hot R&B/ Hip-Hop Songs chart di nomor #75.

"Yeah 3x" dirilis sebagai single andalan album pada tanggal 25 Oktober 2010. Lagu ini memuncak di nomor #15 pada US Billboard Hot 100, dan nomor #12 di Canadian Hot 100. Di internasional, lagu ini menduduki puncak New Zealand Singles Chart, dan mencapai sepuluh besar di Australia, Irlandia dan Inggris. Musik video untuk lagu ini disutradarai oleh Colin Tilley, yang menampikan Brown dengan berbagai tarian. Robbie Daw dari Idolator mengatakan video ini mirip dengan video musik Michael Jackson pada lagu "The Way You Make Me Feel" (1987), dan video musik Janet Jackson pada lagu "Alright" (1990).

"Look at Me Now" yang dinyanyikan Brown bersama rapper Wayne dan Rhymes dirilis sebagai single kedua dari album ini. Lagu ini lebih menegaskan unsur musik hip- hop yang dipadukan dengan sound effect yang dibuat khusus untuk iTunes Store di Amerika Serikat pada tanggal 1 Februari 2011 sebelum dikirim ke radio pada tanggal 8 Februari 2011. Lagu ini memuncak pada nomor #8 di Billboard Hot 100, juga menduduki puncak di Hot R&B/Hip- Hop Songs chart. Single ini menerima tinjauan yang beragam, dengan memuji penampilan Wayne dan Rhymes dalam lagu ini, tapi mengkritik suara rap Brown.

Lagu "Beautiful People" yang dinyanyikan bersama Benassi, dirilis sebagai single ketiga album pada tanggal 11 Maret 2011. Video musik lagu ini ditayangkan di MTV pada tanggal 22 Maret dan menampilkan fitur dari beberapa artis terkenal yang juga teman-teman dari Brown, termasuk Bow Wow, Pharrell Williams, Swizz Beatz, T-Pain, Brandy, Estelle dan Omarion. Lagu ini telah mencapai nomor #21 pada US Hot Dance Club Songs chart, nomor 10 di Australia, dan nomor 15 di Selandia Baru. Dalam sebuah wawancara pada sebuah radio, Brown mengungkapkan bahwa lagu "She Ain't You" akan dijadikan sebagai single berikutnya album ini.

Untuk mendukung album, Brown akan melakukan tour untuk album ini yang dimulai di Australia pada tanggal 20 April 2011 dan akan berakhir pada tanggal 3 Mei 2011.

Daftar lagu

1. Deuces
(feat. Tyga dan Kevin McCall)
2. Up 2 You
3. No Bullshit
4. Look at Me Now
(feat. Busta Rhymes dan Lil Wayne)
5. She Ain't You
6. Say It With Me
7. Yeah 3x
8. Next 2 You
(feat. Justin Bieber)
9. All Back
10. Wet the Bed
(feat. Ludacris)
11. Oh My Love
12. Should've Kissed You
13. Beautiful People
(feat. Benny Benassi)

Deluxe Edition additional tracks
14. Bomb
(feat. Wiz Khalifa)
15. Love Them Girls (feat. Game)
16. Paper, Scissors, Rock (feat. Timbaland dan Big Sean)
17. Beg for It

International Deluxe Edition bonus track
18. Champion
(bersama Chipmunk)

Team Breezy Deluxe Edition bonus track
18. All About You

Japan Deluxe Edition bonus tracks
18. Talk Ya Ear Off
19. Champion
(bersama Chipmunk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar