Sabtu, 09 April 2011

Screaming Bloody Murder (Sum 41 album)

"Screaming Bloody Murder" merupakan sebuah album studio kelima dari band rock asal Kanada Sum 41. Setelah tertunda beberapa kali selama dua tahun, album ini akhirnya dirilis pada tanggal 29 Maret 2011. Ini adalah album kedua band yang diproduksi oleh vokalis band Deryck Whibley yang direkam dalam tiga sesi, dan merupakan album pertama band sejak albumnya di tahun 2007, Underclass Hero, yang menandai waktu terlama antara dua album band tersebut.

Meskipun gitaris utama Tom Thacker sudah menjadi bagian dari band dan membantu menulis dan merekam single pertama dari album ini, semua gitar masih direkam oleh Deryck, dan Tom sebagai un-credit.

Band ini awalnya memasuki studio pada akhir tahun 2008 dengan rencana untuk merekam sebuah EP yang akan dirilis pada bulan April 2009, meskipun band sudah memiliki banyak materi yang telah ditulis, mereka telah memutuskan untuk terus menulis dan membuat album sebagai album full-length. Pada bulan November 2009, diumumkan bahwa band menyewa produser legendaris dari Inggris Gil Norton untuk memproduksi album ini, dan mereka akan masuk pada pra produksi pada bulan Desember, dan akan masuk studio untuk merekam album pada bulan Januari 2010, meskipun Gil diberhentikan satu minggu setelah sesi rekaman utama, dan Deryck memproduksi album sendiri, sama seperti yang dilakukan pada album terakhirnya, Underclass Hero.

Perekaman instrumen dimulai pada tanggal 26 Januari 2010, dan selesai pada tanggal 17 Maret 2010, hanya perekaman bagean vokal yang ditinggalkan untuk direkam oleh Whibley sendiri di studio rumahnya. Vokal direkam hingga akhir bulan Maret, dan band masuk studio sekali lagi pada tanggal 7 April 2010 untuk merekam beberapa lagu tambahan untuk album ini. Pada tanggal 12 Juni 2010, Deryck mengatakan bahwa album ini 99% sudah selesai, dan sesi rekaman diselesaikan pada tanggal 24 Juni 2010, sehari sebelum band melanjutkan untuk tour- nya (Vans Warped Tour) ditahun 2010. Saat tour, album masuk ke tahap mixing bersama Tom Lord-Alge di Miami, Florida.

Diumumkan bahwa lagu baru berjudul "Skumfuk" ditetapkan untuk ditampilkan pada sampler CD Warped Tour, yang akhirnya tidak siap untuk dirilis pada waktunya. Pada tanggal 6 Juli 2010, lagu ini bocor online, meskipun dalam versi tidak lengkap. Band menegaskan lagu tersebut tidak akan menjadi single dari album ini, namun karena untuk meningkatkan popularitas online-nya, band mulai menyanyikan lagu ini secara live pada tour Eropa mereka pada bulan Oktober. Deryck kemudian mengumumkan bahwa band akan merilis 12-menit bagean dari album yang berjudul 'A Dark Road Out of Hell', terdiri dari trek 7-9 dari album ini secara gratis di situs web mereka sebelum dirilis secara resmi. Namun, perilisan ini kemudian ditolak oleh label band.

Pada bulan Desember 2010, Cone McCaslin menegaskan bahwa album ini selesai mastering, kemudian Island Records memutuskan untuk menunda album ini dirilis, dan tidak akan dirilis di hari Natal karena akan menjadi penjualan yang buruk. Deryck kemudian mengatakan bahwa Island Records telah menetapkan tanggal rilis album ini pada bulan Maret 2011.

Pada tanggal 13 Januari 2011, "Screaming Bloody Murder", menjadi single resmi pertama album ini, dan telah diputar di stasiun radio seluruh dunia. Single ini resmi dirilis sebagai download digital pada tanggal 7 Februari 2011 di Eropa, dan sehari kemudian di Amerika Serikat. Single ini juga dirilis di Inggris pada tanggal 13 Februari 2011.

Dan kemudian diumumkan oleh Universal Japan bahwa album ini akan dirilis di Jepang pada tanggal 23 Maret 2011. Pada website resmi band diumumkan album akan dirilis pada 29 Maret 2011 di Amerika sehari sebelum di Eropa. Perilisan di Jepang kemudian ditunda hingga tanggal 6 April 2011, karena gempa bumi dan tsunami ditahun 2011 di Tohoku.

Debut album ini menduduki nomor #1 di US dan UK Rock Albums Chart, nomer #11 di Australia Top 50 Digital Albums Chart, nomer #18 di Australia Top 50 Physical Albums Chart, nomer #16 di Australian Albums Chart, nomer #100 di Dutch Albums Chart, dan nomer #66 di UK Albums Chart.

Daftar lagu

1. Reason to Believe
2. Screaming Bloody Murder
3. Skumfuk
4. Time for You to Go
5. Jessica Kill
6. What Am I to Say
7. Holy Image of Lies
8. Sick of Everyone
9. Happiness Machine
10. Crash
11. Blood in My Eyes
12. Baby, You Don't Wanna Know
13. Back Where I Belong
14. Exit Song


iTunes Bonus Track
15. Reason to Believe (Acoustic)

Japanese Bonus Tracks
15. Reason to Believe (Acoustic)
16. We're the Same

1 komentar: