Jumat, 01 April 2011

Vices & Virtues (Panic! at the Disco album)

"Vices & Virtues" merupakan album studio ketiga dari band rock asal Amerika Panic! at the Disco. Album ini diproduksi oleh produser John Feldmann dan Butch Walker, dan dirilis pada tanggal 22 Maret pada 2011 oleh lebel rekaman Fueled by Ramen. Untuk menindak lanjuti dari album kedua band, Pretty. Odd. (2008), album ini menandai debut album dari dua anggota band, Brendon Urie dan Spencer Smith, yang pada saat proses pembuatan album ini, band kembali lagi ditinggal oleh 2 personil mereka yaitu Ryan Ross dan Jon Walker pada bulan Juli 2009, setelah sebelumnya ditahun 2006 ditinggal oleh Brent Wilson. Keluarnya Ross dan Walker dikarenakan ada perbedaan visi bermusik. Dan akhirnya memutuskan keluar dari band dan berkonsentrasi untuk proyek solo.

Walaupun ditinggal oleh 2 personilnya, band tetap melanjutkan rencana untuk album baru mereka yang ketiga ini. Sementara hit single- nya "New Perspective" akan mulai rilis di radio.

Di album ini, Mark Hoppus dari Blink 182 juga akan membantu dalam proses pembuatan album ini dengan menyumbangkan sebuah lagu untuk band. Dan sebelum merilis album, band merencanakan akan ikut meramaikan Reoniun Tour dari Blink 182 bersama dengan Fall Out Boy dan Chester French di leg pertama tur musim panas Blink 182.

Pada bulan Juni 2009, Urie mengungkapkan band telah menulis lagu-lagu dalam album ini dirumah Ross di Topanga Canyon California. Dan "New Perspective" merupakan lagu yang direkam pada musim semi 2009, ketika band baru pindah kesana. Smith menjelaskan lagu ini terinspirasi oleh pengalaman baru dari band, dan proses perekaman dan penulisan untuk album ini memakan waktu lebih lama dari yang direncanakan, sebagaimana dijelaskan di atas. Lagu "Oh Glory" dan "New Perspective" sebagian besar direkam selama musim panas 2009 dengan produser Feldmann tak lama setelah keluarnya Ross dan Walker. Smith mengungkapkan, "Kami sekarang mengerjakan pada album, mudah-mudahan, mengambil bagian terbaik dari kedua rekaman kami... karena kita mengasihi mereka berdua dan sangat bangga pada mereka."

Sedangkan pada Blink 182 Reunion Tour, Smith menunjukkan bassis Blink 182 Mark Hoppus beberapa demo untuk album tersebut, dengan harapan bahwa dia akan menyumbangkan satu atau dua lagu. Hoppus mengatakan bahwa pada pada bulan Agustus 2009 ia berkomitmen untuk memproduksi satu lagu yang benar-benar kuat pada rekaman, dan mungkin lagu lain jika diizinkan. Selama waktu ini, Urie mengatakan kepada media massa, band telah menyiapkan sekitar 10 lagu. Pada tahap awal, sebuah lagu yang menampilkan Rivers Cuomo dari Weezer, Urie menggambarkan sebagai lagu yang sangat bagus, ditetapkan untuk muncul di album barunya ini, tapi lagu ini absen dari daftar lagu terakhir. Band awalnya merencanakan untuk merekam album pada musim gugur 2009 untuk dirilis awal 2010. Namun, rekaman tidak segera dimulai hingga bulan April 2010.

Setelah bekerja pada lagu demo yang dihasilkan selama musim panas dengan Feldmann, beberapa bulan kemudian band memutuskan kalau materi dalam album ini belum memuaskan, sehingga band mulai membuat materi baru. Album ini diproduksi oleh Feldmann dan Walker, dan Urie ingat bahwa pada awalnya mereka gugup untuk bekerja dengan produser baru, tetapi masukan Feldmann dan Walker dianggap positif. Band ini terus bekerja dengan Feldmann selama empat bulan di awal tahun 2010, kemudian Walker menyelesaikan dan memperbaiki lagu-lagu tersebut.

Pada tanggal 7 Mei 2010, band telah memposting foto selama sesi rekaman untuk album ini, dan pada bulan Juli 2010, Urie mengatakan bahwa take rekaman untuk bass, drum, gitar, piano dan berbagai Instrumen sudah selesai, tinggal menunggu untuk take vocal album ini, dan pada akhir bulan Urie menegaskan bahwa rekaman album itu selesai dan sesi mixing akan segera menyusul.

Album ini menawarkan berbagai gaya musik yang berbeda di jalurnya. Pada awalnya, band ini tidak memiliki arah untuk musik atau lirik album ini. Namun, setelah kembali ke studio dan mulai mengerjakan materi album ini kembali, band ini menjadi bersemangat untuk memulai sesuatu yang baru. "Kami telah bekerja pada musik selama sekitar satu setengah tahun, jadi saya berpikir bahwa sebagian menambahkan mengapa beberapa lagu yang memiliki beberapa gaya yang berbeda-beda," kata Smith.

Duo ini memilih lagu-lagu terbaik dari 30 lagu yang ditulis. Eksperimen musik yang dikerjakan band membentang sejauh yang memanfaatkan iPad untuk merekam. Band ini mulai bekerja dengan band asal Perancis The Plastiscines, dan paduan suara anak-anak pada lagu "Nearly Witches (Ever Since We Met...)". Mayoritas materi yang sebelumnya ditulis oleh mantan gitaris band Ross untuk album ini, Urie telah mengembangkan dan mengambil kendali lirik yang sebelumnya tidak memiliki banyak pengalaman. Urie telah menganggap lirik ini sangat jujur dan sangat fantastis dengan unsur-unsur cerita.

Lirik juga mencerminkan kebingungan band setelah keberangkatan Ross dan Walker. Sesi rekaman dengan Feldmann di studio rumahnya menyebabkan eksperimen suara baru. Lagu "The Ballad of Mona Lisa" telah dikatakan oleh Alternative Press sebagai lagu yang memiliki energi pop seperti pada album pertamanya, A Fever You Can't Sweat Out" Urie juga telah menjelaskan bahwa ia dan Smith menginginkan untuk mencapai suara yang lebih mirip dengan mantan vokalis band.

"The Calendar" awalnya ditulis tentang hubungan intim antara laki-laki dan perempuan, segera mulai menyerupai persahabatan mantan anggota Ross dan Walker, lagu itu selesai sebagai respon langsung terhadap keluarnya mereka dari band. "Sarah Smiles" ditulis untuk pacar Urie. katanya kepada majalah Spin pada tahun 2011, "Ketika saya bertemu dengannya saya menulis lagu ini untuk mencoba membuat dia terkesan. Aku tergila-gila dengan dia. Saya bermain itu untuknya dan kami sudah berpacaran sejak itu. Itu adalah langkah besar bagi saya, secara pribadi".

Judul album ini diumumkan pada Alternatif Press pada edisi Desember 2010: Album ini rencana dirilis pada bulan Maret 2011, "bersama single andalan berjudul 'Mona Lisa' yang dirilis pada bulan Januari 2011." Band melakukan pemotretan untuk mempromosikan album ini bersama dengan desainer Anthony Franco pada tanggal 8 Januari 2011. Pada tanggal 18 Januari, band ini mengungkapkan melalui sebuah posting di website mereka bahwa album ini akan dirilis pada tanggal 29 Maret 2011, dan pada tanggal 25 Januari 2011, cover art album ini juga telah terungkap. Pada tanggal 15 Februari 2011, menanggapi permintaan publik, tanggal rilis untuk album ini dimajukan pada tanggal 22 Maret oleh band.

Single pertama album "The Ballad of Mona Lisa", dirilis pada tanggal 1 Februari 2011, dan video musik untuk lagu ini dirilis pada tanggal 8 Februari 2011 pada MTV Networks.

Edisi deluxe dari album ini termasuk lagu demo "Oh Glory", awalnya dirilis melalui situs resmi band pada bulan Juli 2009 sebagai sampel berdurasi 30 detik. Seperti pada album Pretty. Odd., Vices & Virtues telah menerima popularitas yang sangat tinggi melalui toko musik online. Promosi untuk album ini termasuk sebuah penampilan pada acara televisi The Conan seminggu setelah dirilis pada tanggal 28 Maret 2011 dan pada acara Lopez Tonight pada tanggal 4 April 2011.

Dalam promosi album ini, Smith dan Urie melakukan syuting film pendek untuk menemani album yang berjudul The Overture, yang disutradarai oleh Shane Drake, film berdurasi 7 menit ini dirilis pada tanggal 9 Maret 2011 dan berisi beberapa potongan musik dari album. Film ini penuh dengan simbolisme mengenai keberangkatan Ross dan Walker dan saat proses pengerjaan album ini tanpa mereka. Pada tanggal 14 Maret 2011, band ini mulai melakukan streaming album secara keseluruhan (kecuali bonus lagu) melalui halaman Facebook band.

Daftar lagu

1. The Ballad of Mona Lisa
2. Let's Kill Tonight
3. Hurricane
4. Memories
5. Trade Mistakes
6. Ready to Go (Get Me Out of My Mind)
7. Always
8. The Calendar
9. Sarah Smiles
10. Nearly Witches (Ever Since We Met...)

Deluxe edition
11. Stall Me
12. Oh Glory (Demo)
13. I Wanna Be Free
14. Turn Off the Lights

Deluxe iTunes edition
11. Stall Me
12. Oh Glory (Demo)
13. The Ballad of Mona Lisa (Music video)

Deluxe iTunes pre-order edition
11. Stall Me
12. Oh Glory (Demo)
13. The Ballad of Mona Lisa (Music video)
14. Bittersweet

Shockhound exclusive bonus track
11. Kaleidoscope Eyes

Tidak ada komentar:

Posting Komentar