Selasa, 29 Maret 2011

The King of Limbs (Radiohead album)

"The King of Limbs" merupakan sebuah album studio kedelapan dari band rock alternatif asal Inggris Radiohead. Album ini diproduksi oleh Nigel Godrich dan dirilis pada tanggal 18 Februari 2011 sebagai album download dalam format MP3 dan WAV, dan diikuti dalam format CD dan 12" vinyl yang dirilis pada tanggal 28 Maret. Kemudian dirilis untuk format digital lebih luas oleh distributor digital AWAL dan edisi spesial "newspaper" atau "album koran" yang dirilis pada tanggal 9 Mei 2011. Nama album mungkin merujuk pada sebuah pohon 'oak' di hutan Savernake di Wiltshire, yang diperkirakan pohon tersebut berumur 1.000 tahun- an.

Sebuah edisi "newspaper" berisi sebuah CD, dua kaset rekaman 10" vinyl, beberapa lembaran karya seni, dan potongan warna kemasan plastik oxo- degradable. Album ini dirilis oleh lebel independen XL di Inggris, lebel TBD di Amerika Serikat, dan lebel Hostess Entertainment di Jepang.

Pada bulan September 2010, drummer Phil Selway menyatakan bahwa album ini tidak direkam dengan cara seperti pada album In Rainbows (2007), yang membuat heboh industri musik dengan menggratiskan album In Rainbows di awal peluncurannya, melalui pengunduhan gratis di situs resmi mereka. Dengan 8 lagu, dan berdurasi lebih dari 37 menit, album ini merupakan album berdurasi terpendek Radiohead hingga saat ini.

Stanley Donwood menyatakan bahwa karya seni album ini terinspirasi oleh dongeng dari Eropa Utara dan asosiasi mereka dengan hutan. Mantan anggota band Oasis dan anggota band Beady Eye, Liam Gallagher, melayangkan kritikan kepada personil Radiohead hanya karena pohon tua berumur 1.000 tahun di Wiltshire yang dijadikan judul albumnya ini. Liam juga menyerang keterampilan Thom Yorke dalam menulis lirik lagu.

Radiohead mengumumkan mereka mengeluarkan album ini di website mereka pada 14 Februari 2011, lima hari sebelum jadwal rilis. Pada tanggal 18 Februari, blog resmi band memublikasikan lagu pertama dari album ini, "Lotus Flower", dengan disertakan musik video lagu ini, dilanjutkan dengan pengumuman album ini dirilis. Meskipun tanggal rilis album ini awalnya diumumkan dirilis pada tanggal 19 Februari, band ini memutuskan untuk membuat album ini tersedia satu hari lebih awal.

Untuk memperingati perilisan album ini, band membuat "newspaper" gratis berjudul "The Universal Sigh" untuk didistribusikan di seluruh dunia pada tanggal 28 Maret 2011. Hal ini terpisah dari "newspaper" yang menyertai album The King of Limbs versi "newspaper", dan fitur karya seni termasuk puisi, lirik dan cerita pendek dari Stanley Donwood, Jay Griffiths dan Robert Macfarlane.

Daftar lagu

1. Bloom
2. Morning Mr Magpie
3. Little by Little
4. Feral
5. Lotus Flower
6. Codex
7. Give Up the Ghost
8. Separator

Tidak ada komentar:

Posting Komentar