Sabtu, 02 April 2011

Angles (The Strokes album)

"Angles" merupakan sebuah album studio keempat dari band rock indie Amerika The Strokes. Album ini dirilis pada tanggal 18 Maret 2011, dan album ini merupakan album pertama mereka sejak album First Impressions of Earth ditahun 2006. Album ini diproduksi oleh band bersama Gus Oberg dan Joe Chicarelli melalui lebel RCA Records. Perekaman album ini dikerjakan dari bulan Februari hingga November 2010 pada Electric Lady Studios dan Avatar Studios di New York City, serta pada One Way Studios di Upstate New York.

Sepuluh tahun yang lalu, The Strokes dikenal sebagai band yang piawai memadukan unsur rock retro, ke dalam kemasan yang modern. Semua berkat kecerdasan Julian Casablancas, sang vokalis, yang memberi kesan mentah pada sound yang diproduksi oleh band dalam proses mixing. Pada setiap album The Strokes, kita akan mendengar suara-suara drum yang keras menyentak, gitar yang berdistorsi tipis, dan suara vokal yang terdengar seperti orang yang sedang bicara di telepon.

Setelah berkeliling untuk tour album First Impressions of Earth, band istirahat sampai tahun 2007. Band kemudian bergabung kembali dua tahun kemudian untuk memulai menulis materi baru untuk album keempat ini. Album ini membutuhkan waktu lebih dari dua tahun untuk mewujudkan. Band merekam 18 lagu demo secara live sebelum menuju ke Avatar Studios di New York dengan produser Chiccarelli. Tidak lama setelah rekaman dimulai, band menjadi frustrasi dengan gaya produksi yang dilakukan Chicarelli. Hanya satu lagu dari sesi rekaman ini, yaitu lagu "Life Is Simple in the Moonlight", yang resmi dimasukkan ke daftar lagu album ini. Band merekam sisa materi album dengan Gus Oberg di sebuah rumah pertanian dekat rumah gitaris Albert Hammond Jr. di Port Jervis, New York.

Untuk judul album ini, Hammond berkata, "Angles" adalah hal yang lebih masuk akal mengingat bagaimana mereka datang bersama-sama di studio setelah beristirahat selama lima tahun.

Sebagean musik dari album ini terinspirasi dari band- band seperti MGMT, Arctic Monkeys, dan Crystal Castles. Lalu band memutuskan untuk bereksperimen dengan berbagai teknik produksi termasuk sampel elektronik MIDI dan keyboard Farfisa, dan mereka juga menggunakan teknik overdubbed gitar.

Dua lagu dari album ini, "Under Cover of Darkness" dan "Life is Simple in the Moonlight", tampak menjanjikan. Dua lagu baru ini, menyajikan hal yang berbeda. Kali ini, band tidak tampil lurus-lurus saja. Biasanya, lagu-lagu The Strokes itu singkat, padat, dan menghentak. Tapi dua lagu ini sedang memperlihatkan bahwa band ini selain urakan, ternyata juga musisi yang handal membaca notasi. Nada-nada yang mereka pilih sedikit rumit, dan mereka mengemasnya dalam harmoni yang lebih kompleks. Yang paling terasa pertama kali adalah part lead gitar yang diambil oleh Nick Valensi. Ia memainkan lead-lead yang cukup menyimpang. Juga pada ketukan-ketukan drum fab moretti, pada lagu "Under Cover of Darkness", ia malah sempat mengubah tempo di tengah lagu. Band jarang melakukan itu sebelumnya. Demikian pula waktu terdengar ada backing vokal bernyanyi dengan suara dua di belakang Casablancas. Itu sangat jarang terjadi.

Ini tantangannya bagi band, apakah para fans akan menganggap perubahan ini bakal keren, atau malah sebaliknya. Musik mereka kini berbeda, lebih kaya dan tidak monoton. Karena memang, selepas album "First Impressions Of Earth", band tampil sebagai band yang gemar bereksperimen. Sedikit tentang materi baru di album ini, telinga pendengar harus mulai beradaptasi dengan suara Casablancas terdengar lebih tipis dari pada biasanya. Dan fans-fans wanita Valensi boleh jadi bakal sedikit kecewa, karena penampilan si gitaris sekarang terlihat lebih berantakan. Yang jelas, sulit bagi band untuk melakukan hal yang sama seperti sepuluh tahun silam, saat dimana mendengar nama "The Strokes" akan membawa gambaran lima anak band urakan, kehidupan kota New York yang keras, dan apa itu musik Rock ke dalam pikiran. Sepuluh tahun bukan waktu yang singkat, sudah terlalu banyak hal yang terjadi.

Single pertama untuk mempromosikan album ini, "Under Cover of Darkness", dirilis pada tanggal 9 Februari 2011. Dalam single ini, Fraiture menggambarkan sebagai lagu yang lebih mengingatkan pada kemampuan band sebelumnya. Single ini secara resmi diluncurkan pada tanggal 1 Maret 2011 dan berisi lagu "You're So Right" pada sisi-B. Pada single "You're So Right" ini akan terdengar unsur gabungan tekstur suara yang berbeda dan lebih kuat nya teknik produksi dengan teknologi. Pada tanggal 5 Maret 2011, band muncul di acara Saturday Night Live sebagai musik tamu dan menyanyikan lagu "Under Cover of Darkness" dan "Life is Simple in the Moonlight". Pada tanggal 23 Maret 2011, band muncul di acara Late Show with David Letterman dan menampilkan lagu "Taken For a Fool". Pada tanggal 30 Maret 2011, band tampil di acara Late Night with Jimmy Fallon dan menyanyikan lagu "You're So Right".

Daftar lagu

1. Machu Picchu
2. Under Cover of Darkness
3. Two Kinds of Happiness
4. You're So Right
5. Taken for a Fool
6. Games
7. Call Me Back
8. Gratisfaction
9. Metabolism
10. Life Is Simple in the Moonlight

Tidak ada komentar:

Posting Komentar