Kamis, 07 April 2011

Doggumentary (Snoop Dogg album)

"Doggumentary" (sebelumnya berjudul Doggumentary Music dan Doggystyle 2: Tha Doggumentary), merupakan sebuah album studio kesebelas dari penyanyi hip hop asal Amerika Snoop Dogg. Album ini dirilis pada tanggal 29 Maret 2011 melalui Priority Records, Capitol dan EMI Records. Sesi rekaman untuk album ini berlangsung selama tahun 2010 sampai 2011. Produksi untuk album ini ditangani oleh produser rekaman, diantaranya Battlecat, The Cataracs, Damon Albarn, Gorillaz, Jason Cox, David Banner, THX, DJ Khalil, Fredwreck, Jake One, Kanye West, Mike Dean, Jeff Bhasker, Lex Luger, Meech Wells, Soul Mechanix, Mr. Porter, Rick Rock, Rick Rude, Scoop DeVille, Scott Storch, Warryn Campbell, dan DJ Reflex.

Debut album ini menduduki nomor #8 di US Billboard 200 chart, terjual mencapai 50.000 kopi dalam minggu pertama di Amerika Serikat.

Snoop awalnya mengumumkan bahwa ia mengerjakan sebuah sekuel untuk debut albumnya Doggystyle ditahun 1993 selama di studio bersama produser Hip hop dan rapper Swizz Beatz. Kemudian Snoop membatalkan rencana tersebut, dan memilih untuk memberi judul "Doggumentary Music" untuk album studio ke-11 ini, dan ditetapkan untuk dirilis pada bulan Maret 2011 melalui Priority Records/ EMI Records.

Majalah Rap-Up memberitakan bahwa Snoop telah merekam lagu bersama Wiz Khalifa pada lagu berjudul "This Weed Is Mine", dan lagu ini direncanakan untuk muncul di studio albumnya ke-11 Doggumentary Music, bersama produser hip hop Scoop DeVille yang menghasilkan single pertamanya "New Year's Eve" dan lagu-lagu lain termasuk "Rollin' in My Malibu", "Oh Boy", yang berkolaborasi bersama Lil Jon dan Swizz Beatz. Snoop Dogg juga mengumumkan rencananya untuk bekerja dengan Katy Perry lagi setelah mereka bersama menyanyikan single "California Gurls". Snoop juga merekam lagu bersama Damon Albarn dari kelompok animasi hip hop Gorillaz. Dan lagu ini dikatakan merupakan sisa dari lagu pada sesi rekaman album Plastic Beach, di mana Snoop bekerja sama pada lagu "Welcome to the World of the Plastic Beach".

Snoop Dogg mengatakan pada MTV bahwa ia ingin berduet bersama Britney Spears untuk album ini. Pada tanggal 27 November 2010, Snoop berada di studio bersama produser David Banner yang menghasilkan dua beat lagu baginya. Pada tanggal 8 Desember 2010, Snoop diberitakan pada majalah Complex, bahwa penyanyi yang akan ditampilkan pada album ini diantaranya Kanye West, John Legend, Daz Dillinger, Kokane, Too Short, Ne-Yo, Bootsy Collins, Marty James, Pilot, Wiz Khalifa, Gorillaz, Trey Songz, dan LaToiya Williams bersama produksi album ini oleh Jake One, Kanye West, Fredwreck, the Cataracs, Scoop DeVille, J-Kwon, Gorillaz, Denaun Porter, Warryn Campbell, David Banner, Meech Wells, Black Mob, Trylogy, dan Rick Rude.

Namun, pada tanggal 9 Februari 2011, EMI merilis sebuah poster yang mengumumkan beberapa penyanyi tamu untuk album ini, termasuk Kanye West, Wiz Khalifa, Gorillaz, R. Kelly, T-Pain, Young Jeezy, E-40, dan banyak lagi. Dan beberapa produser termasuk Kanye West, Lex Luger, Scott Storch, the Cataracs, Battlecat, Fredwreck dan banyak lagi.

Snoop Dogg mengumumkan melalui Twitter- nya bahwa ia akan bergabung dengan jajaran emcees Kanye West, Timbaland, Crooked I, dan banyak lagi yang sebelumnya merilis lagu-lagu mingguan untuk persiapan proyek-proyeknya mendatang, yang dinamakan dengan "Puff Puff Pass Tuesdays". Snoop berencana untuk merilis sebuah lagu baru setiap minggu mulai 11 Januari 2011, sampai albumnya ini dirilis.

"New Year's Eve" merupakan single promosi resmi pertama yang dirilis dari album ini pada tanggal 5 November 2010 di iTunes. Lagu ini memuncak pada nomer #66 di Hot R&B/Hip-Hop Songs. Lagu ini merupakan fitur bersama penyanyi asal Amerika Marty James dan diproduksi oleh Scoop Deville, yang juga memproduseri single Snoop ditahun 2009, I Wanna Rock.

"Wet" resmi menjadi single pertama dari album ini. Lagu ini direkam khusus untuk pesta pelulusan sarjana dari Pangeran William. Juru bicara Snoop juga mengatakan lagu ini sebagai sekuel dari lagu ditahun 2007, "Sexual Eruption". Lagu ini diproduksi oleh the Cataracs dari Far East Movement dan dirilis di iTunes pada tanggal 17 Desember 2010. Versi edit yang berjudul "Sweat" akan dirilis di stasiun radio di Amerika pada tanggal 11 Januari 2011. Single ini memasuki Hot R&B/Hip-Hop Songs pada nomor 57, dan memetakan di nomor 25 pada Hot Rap Tracks chart. Lagu remix resmi yang menampilkan Jim Jones dan Shawty Lo, dirilis pada tanggal 8 Februari 2011 sebagai bagian dari lagu mingguan Snoop Dogg, Puff Puff Pass Tuesdays.

"Gangbang Rookie" merupakan single promosi kedua dari album ini. Lagu ini merupakan fitur bersama dengan rapper Pilot dan dirilis di iTunes pada tanggal 14 Januari 2011. Single ini diproduksi oleh Jake One.

"Platinum" merupakan single promosi ketiga dari album ini. Lagu ini merupakan fitur bersama dengan penyanyi R. Kelly dan dirilis di iTunes pada tanggal 22 Pebruari 2011. Single ini diproduksi oleh Lex Luger.

Lagu "Boom" yang dinyanyikan bersama T-Pain merupakan single resmi kedua dari album. Lagu ini diproduksi oleh Scott Storch, dan lagu ini merupakan sampel dari lagu hit ditahun 1980, Situation dari Yazoo. Lagu ini dirilis di iTunes pada tanggal 8 Maret 2011, bersama video musik yang ditetapkan untuk dirilis pada hari yang sama. Single ini memasuki Billboard Hot 100 di nomor 76.

Snoop mengerjakan tiga video musik untuk album ini, pertama bersama rapper E-40 dan Young Jeezy untuk lagu "My Fuckin' House", kedua bersama penyanyi dan produser Mr. Porter untuk lagu "My Own Way", dan ketiga bersama rapper Wiz Khalifa untuk lagu "This Weed Iz Mine".

Daftar lagu

1. Toyz N Da Hood (feat. Bootsy Collins)
2. The Way Life Used to Be
3. My Own Way
(feat. Mr. Porter)
4. Wonder What It Do (feat. Uncle Chucc)
5. My Fucn House (feat. Young Jeezy & E-40)
6. Peer Pressure (feat. Traci Nelson)
7. I Don't Need No Bitch (feat. Devin the Dude & Kobe)
8. Platinum (feat. R. Kelly)
9. Boom (feat. T-Pain)
10. We Rest N Cali (feat. Goldie Loc & Bootsy Collins)
11. El Lay (feat. Marty James)
12. Gangbang Rookie (feat. Pilot)
13. This Weed Iz Mine (feat. Wiz Khalifa)
14. Wet
15. Take U Home
(feat. Too Short, Kokane & Daz Dillinger)
16. Sumthing Like this Night (feat. Gorillaz)
17. Superman (feat. Willie Nelson)
18. Eyez Closed (feat. Kanye West & John Legend)
19. Raised In da Hood
20. It's D Only Thang
21. Cold Game
(feat. LaToiya Williams)
22. Sweat (David Guetta remix)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar