Kamis, 30 Desember 2010

Recovery (Eminem album)

Dirilis: 18 Juni 2010
Direkam: 2009-2010 Diberbagai lokasi
Genre: Hip hop
Durasi album: 77:06 Menit
Label: Aftermath, Interscope, Shady
Produser: Dr. Dre, Alex da Kid, Boi-1da, Emile, Eminem, DJ Khalil, Havoc, Jim Jonsin, Just Blaze, Mr. Porter, Supa Dups, Script Shepherd

Singles dari album "Recovery"
1. "Not Afraid"
Dirilis: 3 Mei 2010
2. "Love the Way You Lie"
Dirilis: 17 Augustus 2010
3. "No Love"
Dirilis: 5 Oktober 2010

Recovery adalah album studio ketujuh dari rapper Amerika Eminem, dirilis 18 Juni 2010 oleh Aftermath Entertainment dan Shady Records. Produksi album berlangsung pada tahun 2009 sampai 2010 di beberapa studio rekaman dan ditangani oleh beberapa produser. Awalnya album ini ditujukan untuk sekuel album sebelumnya, Relapse (2009), tapi materi album barunya ini sangat berbeda dari pendahulunya sehingga tidak bisa dijadikan sekuel.

Debut Album ini menduduki pada nomor #1 di US Billboard 200, terjual mencapai 741.000 copy dalam minggu pertama di Amerika Serikat. Eminem adalah artis pertama dalam sejarah Soundscan yang memiliki empat debut album dengan penjualan lebih dari 700.000. Dalam minggu pertama. Ini menjadi album keenam Eminem berturut-turut di Amerika yang menduduki puncak chart selama tujuh minggu. Album ini juga sukses komersial secara internasional, yang menduduki chart di nomor satu di beberapa negara lain, dan menghasilkan tiga single yang mencapai keberhasilan chart, termasuk hit Billboard "No Love" dan hits internasional "Not Afraid" dan "Love the Way You Lie". Album ini telah terjual lebih dari tiga juta kopi di Amerika Serikat, dan menerima 10 nominasi pada 53rd Annual Grammy Awards termasuk Album of the Year dan Best Rap Album. Ini adalah album paling laris kedua 2010, dengan penjualan sebesar 5,7 juta di seluruh dunia.

Penulisan dan perekaman

Sesi rekaman untuk album ini berlangsung pada tahun 2009 sampai 2010 pada beberapa studio rekaman. Eminem menjelaskan bahwa materi untuk album ini sangat berbeda jenis musiknya dibandingkan dengan album sebelumnya yaitu, Relapse (2009). Eminem juga memberitahu pendengar bahwa album ini berisi lagu-lagu dari studio sekarang, dan bukan dari studio album-album sebelumnya.

Eminem menggambarkan lagu yang berjudul "Insult to Injury", yang mana Eminem menyanyikan dengan suara normal, sebagai sekuel dari "Underground", lagu terakhir dari album sebelumnya, Relapse (2009). Lagu lain, "Hit Me With Your Best Shot", yang berkolaborasi bersama kelompok D12; Bizarre dari D12 mengatakan lagu ini menunjukkan kekuatan grup meskipun tanpa pendiri grup. Ada dua penyanyi pendukung dalam album ini yang mana Eminem telah menkorfirmasikan itu ketika album ini masih Relapse 2, yaitu Dr. Dre dan 50 Cent, yang saat itu, D12, Royce da 5'9, Lloyd Banks dan Cashis masih kemungkinan untuk mendukung album ini. Album ini menampilkan rapper Lil Wayne dan penyanyi solo Kobe, Pink dan Rihanna. Dalam wawancara dengan Skyrock FM Eminem memutuskan untuk memasukkan Pink pada lagu "Won't Back Down".

Pada tanggal 13 April 2010, Eminem mengungkapkan kepada pengikutnya kalau saat ini dia sedang menyiapkan album "Recovery" dengan jenis musik yang berbeda dibandingkan dengan album "Relapse", sehingga dia batal merilis sekuel dari album Relapse 2. Ketika pernyataan tersebut, orang mulai percaya kalau Eminem tidak merilis album Relapse 2 sama sekali, tapi album ini akan berubah menjadi Pemulihan. Dia membenarkan pernyataan 'perubahan' pada website-nya. Eminem mengatakan, kalau awalnya dia merencanakan album Relapse 2 untuk keluar tahun lalu. Tapi karena dia terus merekam lagu baru, ide untuk sekuel Relapse dibatalkan.

Rilis dan Promosi

Perubahan pada album ketujuh ini dikonfirmasikan saat lebel Eminem melakukan siaran pers pada tanggal 5 Maret 2009 yang pada awalnya album ini berjudul Relapse 2, dan pada bulan Juni 2009 Eminem mengatakan bahwa ia berharap merilis album saat kuartal keempat tahun 2009, majalah Rolling Stone sempat memberitakan pada November 2009 untuk tanggal rilis album ini, tetapi pada bulan November 2009, Eminem menyatakan bahwa ia akan kembali merilis album Relapse, dengan lagu ekstra untuk merilis Relapse 2 pada tahun 2010. Album ini dijadwalkan Akan menjadi album kedua kalinya yang dirilis pada tahun 2009, setelah Relapse, tetapi tertunda hingga tahun 2010.

Album Recovery ini dirilis pada 21 Juni di Amerika Serikat dan Inggris, dan pada tanggal 18 di seluruh Eropa. Salah satu lagu dalam album pemulihan ini diputar pada permainan game 2010 NBA Finals. Juga permainan game pada Call of Duty: Black Ops, yaitu lagu "Won't Back Down".
Pada tanggal 15 Juni, Eminem muncul di antara artis lain termasuk Usher dan Will.i.am untuk Activision konferensi pers pada Electronic Entertainment Expo 2010 dengan Rihanna menyanyikan lagu "Love the Way You Lie". Selain itu, Eminem juga menyanyikan lagu "Lose Yourself", "Not Afraid", dan primier lagu "Won't Back Down" untuk pertama kalinya. Eminem muncul di acara televisi E! untuk sebuah wawancara, dan dia juga muncul dalam sebuah drama komedi The Soup.

Kinerja album

Debut album ini menduduki nomor #1 di US Billboard 200 chart, dengan penjualan mencapai 741.000 copy dalam minggu pertama. Album ini menjadi album keenam Eminem untuk debut nomor satu di Amerika Serikat. Dalam minggu kedua rilis, album ini tetap di nomor satu dan terjual bertambah 313.000 copy. Dan juga masuk di nomor #1 Billboard R&B/Hip-Hop Albums dan Rap Album chart. Pada tanggal 26 Desember 2010, album itu terjual 3,35 juta kopi di Amerika Serikat. Dalam minggu kesembilan album tetap di nomor satu dan juga nomor satu di Billboard 200 chart. Debut album ini juga berada di nomor #1 pada UK Albums Chart, terjual hingga 140.000 kopi dalam minggu pertama di Inggris. Di Kanada, album ini terjual 85.000 kopi dalam minggu pertamanya dan debut di nomor satu di Kanada Albums Chart. Album ini menghabiskan enam minggu berturut-turut di nomor satu, dan merebut kembali posisi teratas setelah satu minggu di nomor 2. Pada 18 Agustus 2010, album ini telah terjual 277.000 copy di Kanada. Di Jepang, Oricon mencatat debut di nomor #6 dengan 20.678 copy yang terjual.
Album ini juga mencapai keemasan dalam minggu pertama di Selandia Baru dan Australia, memulai debutnya di nomor satu di kedua negara itu. Album ini telah terjual lebih dari 210.000 copy di Australia, dan mendapatkan sertifikasi triple platinum. Pada tanggal 9 Desember 2010 album ini telah terjual mencapai 5.600.000 copy di seluruh dunia

Daftar lagu

01. "Cold Wind Blows"
Marshall Mathers, J. Smith, S. Byrne, H. Marsh, J. Perry, C. Synge
02. "Talkin' 2 Myself" (featuring Kobe)
M. Mathers, K. Rahman, P. Injeti, B. Honeycutt
03. "On Fire"
M. Mathers, D. Porter, C. Wilson, L. Wilson, R. Wilson
04. "Won't Back Down" (featuring Pink)
M. Mathers, K. Rahman, E. Alcock, L. Rodrigues, C. Smith
05. "W.T.P."
M. Mathers, L. Resto, D. Chin- Quee, J. Gilbert Supa Dups, JG (co.), Eminem
06. "Going Through Changes"
M. Mathers, E. Heynie, J. Osbourne, A. Iommi, W. Ward, T. Butler
07. "Not Afraid"
M. Mathers, L. Resto, M. Samuels, J. Evans, M. Burnett
08. "Seduction"
M. Mathers, M. Samuels, M. Burnett, S. Jordan
09. "No Love" (featuring Lil Wayne)
M. Mathers, D. Carter, J. Smith, Dee Dee Halligan, Junior Torello
10. "Space Bound"
M. Mathers, J. Scheffer, S. McEwan
11. "Cinderella Man"
M. Mathers
12. "25 to Life"
M. Mathers, K. Rahman, L. Rodrigues, D. Tannenbaum
13. "So Bad"
M. Mathers, A. Young, M. Batson, D. Parker, T. Lawrence, S. Cruse, N. Brongers
14. "Almost Famous"
M. Mathers, K. Rahman, L. Rodrigues, E. Alcock. P. Injeti, D. Tannenbaum
15. "Love the Way You Lie" (featuring Rihanna)
M. Mathers, A. Grant, H. Hafferman
16. "You're Never Over"
M. Mathers, J. Smith, M. Mainieri Jr., G. McMann
17. "Untitled" (hidden track)
M. Mathers, K. Muchita, M. Crawford, J. Madara, D. White

iTunes deluxe edition bonus tracks

18. "Ridaz"
M. Mathers, A. Young
19. "Session One" (featuring Slaughterhouse)
M. Mathers, R. Montgomery, J. Ortiz, D. Wickliffe, J. Smith

Tidak ada komentar:

Posting Komentar