Selasa, 14 Desember 2010

My Beautiful Dark Twisted Fantasy (Kanye West album)

Released: 
22 November 2010
Recorded: 
2009 - 2010 Avex
Recording:
Studio (Honolulu, Hawaii), Glenwood Place Studios (Burbank, California), Electric Lady Studios, Platinum Sound Recording (New York, New York)
Genre: 
Hip hop
Length: 
68:42
Label: 
Roc-A-Fella, Def Jam
Producer: 
Kanye West (also exec.), Jeff Bhasker, Bink, DJ Frank E, Emile, Jay-Z (exec.), Kyambo Joshua (exec.), L.A. Reid (exec.), Lex Luger, Mike Caren, Mike Dean, No I.D., Gee Roberson (exec.), The RZA, S1

Singles:
01. "Power" Released: 1 July 2010
02. "Runaway" Released: 4 October 2010
03. "Monster" Released: 2d October 2010.

My Beautiful Dark Twisted Fantasy adalah album studio kelima studio dari Kanye West, dirilis 22 November 2010 di Roc-A- Fella Records. sesi Rekaman album ini diproduksi di Avex Recording Studio Honolulu, Hawaii dari tahun 2009 sampai 2010. Pembuatan album ini juga ditangani oleh beberapa produsen lain, termasuk Jeff Bhasker, The RZA, No I.D., and Mike Dean.

Album ini masuk nomer satu di Billboard 200 chart Amerika, terjual 496.000 kopi dalam minggu pertama di Amerika Serikat. Album ini menghasilkan tiga single yang membuat keberhasilan album, termasuk di Amerika Billboard hits yaitu "Power", "Monster", dan "Runaway". Setelah rilis, album ini mendapat pujian dari kritikus musik, yaitu album ini produktif untuk gaya musik yang bervariasi.
Rekaman dilakukan di Avex Recording Studio Honolulu, Hawaii, dengan rekaman tambahan di Glenwood Place Studios di Burbank, California, dan di Electric Lady Studios and Platinum Sound Recording di New York City. Dilaporkan bahwa West menghabiskan $ 3 juta lebih untuk label rekaman nya pada album ini.

Musik
Track pertama di Album ini dibuka oleh kolaborasi dengan Nicki Minaj. West dibantu oleh 11 artis lain juga, yaitu Alicia Keys, John Legend, The-Dream, Fergie, Kid Cudi, Elton John, Ryan Leslie, Charlie Wilson, Tony Williams, Elly Jackson, dan Rihanna dalam seluruh lagu. Lagu penutup "Who Will Survive in Amerika" adalah lirik yang merefleksikan dan kritis terhadap diri West.
Album ini memiliki tema lirik tentang dekadensi, kebesaran, pelarian, jenis kelamin, kekayaan, percintaan, kebesaran hati, dan keraguan hati. Nathan Rabin menggambarkannya sebagai "sedih, lucu, berani, mawas diri, dan obsesi".

Sampul

album 'My Beautiful Dark Twisted Fantasy'. Dilukiskan seorang pria berkulit hitam dan berwajah mengerikan tengah bersantai tanpa busana di atas sofa biru. Ia memegang sebuah botol berwarna hijau. Sementara di atas tubuhnya berbaring perempuan tanpa busana dengan ekor dan sayap. Mereka seperti akan melakukan kegiatan intim. Ketika status tersebut dilempar ke dunia maya, respon yang didapat pun ternyata luar biasa. Kata "album cover" sempat jadi trending topic. Gambar calon sampul album Kanye itu pun tersebar luar. Kanye sepertinya dinasihati agar tidak memakai sampul album tersebut oleh pihak label Def Jam. Menurut mereka, jaringan besar toko Amerika seperti Wal- Mart akan menolak sampul tersebut. Namun jika Kanye memaksa untuk tetap memakainya, label berjanji akan mendukung pelantun hits 'Stronger' itu. Kepada EW.com, pihak Wal- Mart juga menampik pernah melarang sampul album yang dilukis April Chieffo itu. Jika Kanye ingin memakai sampul tersebut sebaiknya ia membubuhkan tanda 'bimbingan orangtua' di samping gambar.

Rilis Dan Promosi

album ini dirilis pada tanggal 4 Oktober 2010, dan diumumkan pada tanggal 22 November 2010. Sebelum rilis, West mengadakan acara musik gratis G.O.O.D. Fridays melalui website-nya pada tanggal 20 Agustus 2010, dia menawarkan download gratis lagu-lagu yang belum pernah dirilis di album sebelumnya setiap hari Jumat. G.O.O.D. Fridays adalah judul acara yang dipublikasikan di bulan-bulan menjelang album ini dirilis. Koordinator Pemasaran online Karen Sipil mengatakan, "Ini ide yang jenius. Dia melakukan sesuatu yang tidak pernah dilakukan sebelumnya, ia membawa kegembiraan pada hari jumat sebelum rilis". G.O.O.D. Fridays pada awalnya ditujukan untuk melanjutkan sampai bulan Desember, tetapi diperpanjang oleh West hingga Januari 2011. Album ini dirilis sebagai untuk di download pada Amazon.com dengan harga daftar $ 3,99, yang bertepatan dengan situs $ 3 diskon tawaran promosi pembelian MP3 dibuat berlaku sampai rilis minggu album. Pada tanggal 24 November 2010, Q-Tip mengumumkan kemungkinan bonus track "Chain Heavy" dan "Mama's Boyfriend" yang dimasukkan dalam album yang akan dikeluarkan pada bulan Desember.
West mengungkapkan dia akan pergi tur dalam promosi album dan mempublikasikan nama-nama bintang tamu yang ikut membantu dalam album ini yaitu Nicki Minaj, Rick Ross, Kid Cudi, Jay-Z, Lil Wayne, dan Drake.

Daftar Lagu:

01. Dark Fantasy
02. Gorgeous feat. KiD CuDi & Raekwon
03. Power
04. All Of The Lights (Interlude)
05. All Of The Lights
06. Monster feat. JAY-Z, Rick Ross, Nicki Minaj & Bon Iver
07. So Appalled feat. JAY-Z, Pusha T, Prynce Cy Hi, Swizz Beatz & The RZA
08. Devil In A New Dress feat. Rick Ross
09. Runaway feat. Pusha T
10. Hell Of A Life
11. Blame Game feat. John Legend
12. Lost In The World
13 Who Will Survive In America

Tidak ada komentar:

Posting Komentar