Rabu, 29 Desember 2010

The E.N.D. (The Black Eyed Peas album)

Singles dari "The E.N.D."
1. "Boom Boom Pow"
Dirilis: 30 Maret 2009
2. "I Gotta Feeling"
Dirilis: 21 Mei 2009
3. "Meet Me Halfway"
Dirilis: 2 Oktober 2009
4. "Rock That Body"
Dirilis: 29 Januari 2010
5. "Imma Be"
Dirilis: 31 Mei 2010

"The E.N.D." (singkatan dari The Energy Never Dies) merupakan album studio kelima dari kelompok hip hop Amerika, The Black Eyed Peas. Album ini dirilis pada tanggal 3 Juni 2009. Gambaran album ini berisi lagu-lagu yang lebih inspiratif dalam upaya band untuk menarik pendengar musik generasi sekarang.

Tiga single promosi yaitu, "Imma Be", "Alive", dan "Meet Me Halfway", dirilis pada iTunes Store. Album ini menjadikan single-single seperti "Boom Boom Pow", "I Gotta Feeling", dan "Imma Be" menduduki puncak Billboard Hot 100 selama 12, 14, dan 2 minggu di masing-masing lagu. Dua single, "Boom Boom Pow" dan "I Gotta Feeling" menduduki pada nomor #1 di chart selama 26 minggu berturut-turut (setengah tahun). Single ketiga, "Meet Me Halfway", bersama dengan dua yang pertama, menduduki puncak pada beberapa chart di seluruh dunia termasuk Inggris dan Australia. Pada November 2010, album ini telah terjual lebih dari 11 juta kopi di seluruh dunia, dan menjadikan album ini menjadi salah satu keberhasilan komersial terbesar bagi industri musik dalam beberapa tahun terakhir.

Latar belakang album

Nama album ini sudah direncanakan sejak tahun 2006, sekitar waktu Fergie merilis "The Dutchess". Awalnya, mereka akan memberi judul "Evolution", tapi itu nama yang sudah dipakai Ciara pada album keduanya. Lalu band sepakat Judul album diubah menjadi "From Roots to Fruits", band merasa nama itu juga tidak cocok, dan terakhir band sepakat memberi nama menjadi "The Energy Never Dies", sebelum disingkat menjadi "The E.N.D.". Nama itu dikonfirmasikan oleh will.i.am dalam sebuah wawancara waktu promosi rilis album ketiganya, "Songs About Girls".

Kinerja album

Debut Album ini menempatkan posisinya pada nomor 1 di Australia, nomor 2 di Selandia Baru dan nomer 3 di Inggris. Debut Album ini juga merajai pada Billboard 200 dan terjual mencapai 304.000 copy pada minggu pertama. Album ini telah menghabiskan 38 minggu di 10 besar Billboard 200 dan masuk pada tabel "Album terlaris 7 tahun terakhir" pada tahun 2009 di Amerika Serikat. Pada tanggal 2 Maret 2010, album ini bertahan hingga 64 minggu di Billboard 200 dan saat itu telah terjual mencapai 2.756.700 copy.

Album ini mengalami perjalanan yang kuat dalam tabel UK Album Charts, album ini memuncak pada nomor #3 selama delapan minggu berturut-turut. Di Australia, album ini masih menduduki nomor #84 pada akhir dekade grafik 2009, dan The E.N.D. menjadi album paling sukses ketiga di tahun 2009.

Singles album

Lagu "Boom Boom Pow" dirilis sebagai single andalan pada tanggal 10 Maret 2009. Lagu ini mencapai posisi teratas di US Billboard Hot 100, dan bertahan di tempat teratas selama 12 minggu berturut-turut. Lagu ini juga mencapai nomor satu di Australia dan UK Singles Chart. Video untuk lagu ini memenangkan penghargaan untuk Best Short Form Music Video pada 52nd Grammy Awards, dan dinominasikan untuk Best Dance Recording, namun kalah dari Lady Gaga lewat lagu "Poker Face". Namun, lagu "Boom Boom Pow" tetap menjadi "Song of the Year" di Billboard Hot 100 pada Akhir Tahun Chart 2009.

Lagu "I Gotta Feeling" dirilis sebagai single kedua yang dirilis pada tanggal 16 Juni 2009. Lagu ini menggantikan lagu "Boom Boom Pow" sebagai lagu nomor satu di Amerika. membuat The Black Eyed Peas menjadi band keempat yang bisa menggantikan posisi lagunya dengan lagu lainnya di nomor satu di sejarah chart. "I Gotta Feeling" bertahan di posisi teratas selama 14 minggu berturut-turut, membuat lagu ini paling lama tinggal di puncak grafik di tahun 2009. Lagu ini juga mencapai nomor satu di Australia dan Inggris, dan memenangkan untuk Best Pop Performance by a Duo or Group with Vocals pada 52nd Grammy Awards.

"Meet Me Halfway" dirilis sebagai single ketiga pada tanggal 22 September 2009. Lagu ini awalnya dirilis sebagai single ketiga dan terakhir untuk digital promosi single album The E.N.D. pada tanggal 2 Juni. Lagu ini berturut-turut menduduki pada nomer satu di Australia dan Inggris. Dan memuncak pada nomer #7 di US Billboard Hot 100, sehingga menjadikan single band ini menjadi single ketiganya di top 10 dari album The E.N.D.. "Imma Be" dirilis pada tanggal 15 Desember 2009 sebagai single keempat di AS. Pada 25 Februari 2010, lagu ini telah mencapai nomor #1 di US Hot 100, menjadi single keempatnya band yang menjadi top 10 dari album dan single ketiganya band menjadi top 10 di AS. Lagu ini mencapai lima besar di Kanada, karena peningkatan yang signifikan dalam digital download yang ditunjukkan setelah band tampil di Grammy Awards 52, dan juga penyiaran pada radio. "Rock That Body" adalah single kelima dari album dan single ke empat internasional untuk album. Dirilis di Australia pada bulan Januari 2010 dan dirilis di Inggris pada tanggal 15 Maret 2010. Lagu resmi diputar di stasiun radio AS pada tanggal 11 Mei 2010. Single ini juga memuncak di nomor #9 pada Billboard Hot 100.

Pada Juli 2010, track digital dari album ini telah terjual total gabungan lebih dari 18 juta unit di AS. Lagu lain yang memetakan adalah "Showdown" yang digunakan dalam pemutaran teater seri "So You Think You Can Dance Australia", dan ternyata debutnya bisa menduduki pada nomor #66 di Australia ARIA Singles Chart pada 15 Februari 2010. Lagu "Missing You" mulai diputar di Perancis dan di Australia. Lagu ini telah mencapai di nomer #10 pada French Airplay Chart dan pada nomer #19 di French Digital Chart. Pada tanggal 30 Maret 2010, kinerja dari lagu "Missing You" di Los Angeles dianggap sebagai video resmi untuk single di Prancis. "Alive" adalah promo single kedua dari album sebagai bagian dari "The Countdown to The E.N.D.", dimana single pertama "Imma Be" dan yang ketiga "Meet Me Halfway" yang kemudian menjadi single komersial.

Daftar lagu
●Semua lagu ditulis oleh will.i.am, apl.de.ap, Taboo, dan Fergie. Penulis tambahan tertera di bawah ini.

01. "Boom Boom Pow"
Jean Baptiste*, Poet
02. "Rock That Body"
David Guetta, Mark Knight, Adam Walder, Baptiste, Jaime Munson, Robert Ginyard, Jr.
03. "Meet Me Halfway"
Keith Harris, Baptiste, Sylvia Gordon
04. "Imma Be"
Harris, J. Tankel, D. Foder, T. Brenneck, M. Deller
05. "I Gotta Feeling"
Guetta, Riesterer
06. "Alive"
Baptiste
07. "Missing You"
Printz Board, Baptiste
08. "Ring-a-Ling"
Harris
09. "Party All the Time"
10. "Out of My Head"
Board, Harris, George Pajon, Tim "Izo" Orindgreff
11. "Electric City"
Bert Berns, Robert Feldman, Gerald Goldstein, Richard Gottehrer
12. "Showdown"
Ryan Buendia apl.de.ap
13. "Now Generation"
Pajon, Orindgreff
14. "One Tribe"
Board
15. "Rockin to the Beat"
Board, Pajon

Play.com Bonus Tracks:
16. "Let The Beat Rock" (Boys Noize Megamix Featuring 50 Cent)
17. "Boom Boom Pow" (David Guetta's Electro Hop Remix)

Deluxe Edition Bonus Disc:
01. "Where Ya Wanna Go"
02. "Simple Little Melody"
03. "Mare"
04. "Don't Bring Me Down"
05. "Pump It Harder" (Pump It Remix)
06. "Let's Get Re-Started" (Let's Get Retarded Remix)
07. "Shut The Phunk Up" (Shut Up - Knee Deep Remix)
08. "That's The Joint" (Joints & Jam Remix)
09. "Another Weekend" (Weekends Remix)
10. "Don't Phunk Around" ("Don't Phunk with My Heart" - Chicago House Remix)

Target Deluxe Edition Bonus Tracks:
11. "Boom Boom Pow" (David Guetta's Electro Hop Remix)
12. "I Gotta Feeling" (David Guetta's FMIF Remix)

Sample credits

"Rock That Body" berisi contoh dari rekaman lagu "Think (About It)" yang dinyanyikan oleh Lyn Collins.
"Imma Be" contoh sampel dari lagu "Ride or Die" yang dinyanyikan oleh The Budos Band.
"Electric City" berisi elemen dari lagu "I Want Candy" aslinya dinyanyikan oleh The Strangeloves.
"Meet Me Halfway" berisi elemen dari lagu "Maps" aslinya dinyanyikan oleh The Yeah Yeah Yeahs.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar