Jumat, 31 Desember 2010

Loud (Rihanna album)

Dirilis: 12 November 2010
Direkam: Februari-Agustus 2010
Genre: R&B, dance-pop, pop
Durasi album: 46:38 menit
Label: Def Jam
Produser: Robyn Rihanna Fenty, Antonio "L.A." Reid, Carl Sturken, Evan Rogers, Alex da Kid, Polow da Don, The Runners, Sandy Vee, Sham, Mel & Mus, Soundz, StarGate, Tricky Stewart

Singles dari album "Loud"
1. "Only Girl (In the World)"
Dirilis: 10 September 2010
2. "What's My Name?"
Dirilis: 29 Oktober 2010

Loud adalah album studio kelima dari Rihanna, dirilis pada 12 November 2010 di Def Jam Recordings. sesi rekaman dan produksi album ini berlangsung dari bulan Februari hingga Agustus 2010, sebagian lagu direkam selama Rihanna melakukan Last Girl on Earth Tour. Rihanna bekerja dengan produser rekaman antara lain, StarGate, The Runners, Polow da Don, Tricky Stewart, dan Alex da Kid. Aliran lagu-lagu dalam album ini adalah aliran dimana Rihanna kembali ke aliran dancehall, yang mempengaruhi vokalnya sejak album, A Girl Like Me (2006).

Debut album ini masuk di nomor satu di Kanada dan pada Swiss Albums Chart. Loud masuk di nomor #3 di US Billboard 200 chart, terjual mencapai 207.000 copy dalam minggu pertama di Amerika Serikat, dimana album ini menjadi album Rihanna yang tertinggi penjualannya diminggu pertama hingga saat ini. Album ini telah menghasilkan dua single yang mencapai keberhasilan album yaitu, "Only Girl (In the World)" dan "What's My Name?", yang keduanya menjadi hits nomor satu di Amerika Serikat.

Latar belakang

Pada bulan Juni 2010, terungkap bahwa Rihanna berencana untuk merilis album kelima ini. sesi rekaman untuk album ini dimulai pada bulan Februari 2010, dan berlanjut selama enam bulan yaitu pada bulan Agustus 2010. Beberapa penyanyi, penulis lagu dan produser Taio Cruz, Alex da Kid, Sean Garrett, Ne-Yo, Rico Love, Timbaland, Shontelle, David Guetta, dan Drake juga ikut andil dalam produksi album ini. Pada awal bulan September 2010, Rihanna mengumumkan bahwa album ini akan diberi judul Loud.

Musik

Musik yang ditulis oleh Shontelle, Ester Dean dan Nicki Minaj, Stargate membuat musiknya sangat mendesis, mengalahkan musik klub pada sepanjang lagu, yaitu pada tiga lagu di album ini, "Only Girl (In the World)", "What's My Name?" dan "S&M". "Cheers", atau yang Rihanna sebut dengan judul, "Drink to That", adalah sebuah lagu yang funky, petikan gitar yang didedikasikan untuk malam disebuah kota dari interpolates lagu Avril Lavigne yaitu "I'm With You". Lagu "California King Bed" adalah lagu dengan musik balada akustik. "S&M" adalah lagu dengan musik yang paling keras di album ini. Dan Rihanna dan Drake telah menggambarkan duet mereka lewat lagu, "What's My Name?" sebagai seorang pemuda yang lucu dalam lagu itu.

Rilis dan promosi

Album ini dirilis pada 12 November 2010, dalam empat edisi terpisah yaitu edisi "Standar", edisi "Deluxe", edisi "Couture", dan edisi "Ultra Couture". Edisi standar dan edisi deluxe dikemas dalam Digipak (khusus untuk Amerika Serikat dan Australia), dan fitur DVD 30 menit yang menampilkan pembuatan album. Edisi couture yang menampilkan edisi deluxe beserta deluxe cover litograf seni, yaitu kotak set dengan cover couture dengan ukuran foto penuh. Edisi Ultra Couture Edition yang menampilkan salinan dari edisi deluxe yang ditandatangani oleh Rihanna sendiri, serta semua fitur dari edisi couture. Edisi terjual habis dan tidak lagi tersedia, dan cuma sebuah versi eksplisit dari album yang tersedia, yaitu yang berlebel Parental Advisory. Pada edisi di Jepang album akan dirilis dengan dua tambahan mix dari lagu "Only Girl (In the World)". Rihanna pertama menuju ke London untuk mempromosikan album di Inggris pada tanggal 1 Oktober 2010.
Sebagai bagian dari promosi, Rihanna menyanyikan lima lagu dari album di sebuah klub di London. Rihanna mengatakan selama promosi, banyak musik dalam album ini tercipta dari kefrustrasian. Dia pertama kali menyanyikan lagu "Only Girl (In the World)" dan "What's My Name?" di Saturday Night Live pada tanggal 30 Oktober 2010. Ia juga menyanyikan lagu "What's My Name?" di Times Square pada tanggal 15 November 2010, di sebuah Late Show bersama David Letterman pada tanggal 16 November, dan pada Good Morning America pada 17 November.

Single

Single yang memimpin dalam album ini yaitu "Only Girl (In the World)" dirilis pada tanggal 10 September 2010. Lagu itu diputar pada radio Amerika pada tanggal 21 September 2010. Lagu ini telah memuncak di nomor #1 di US Billboard Hot 100. Lagu ini juga telah mencapai nomor satu di Inggris, Kanada, Australia, Austria, Belgia (Wallonia), Irlandia, Israel, Italia, Selandia Baru, Norwegia dan Slovakia. Single "What's My Name?" dirilis sebagai single kedua dari album pada tanggal 29 Oktober 2010 beserta video musiknya. Pada 21 Oktober 2010 Billboard melaporkan bahwa lagu yang menampilkan kolaborasi dengan Drake telah membuat debut lagu ini pada Hot R&B/Hip Hop Songs chart di nomor #67. Lagu ini dirilis di beberapa negara Eropa pada tanggal 29 Oktober 2010 dan kemudian di Amerika Serikat pada tanggal 1 November.

Lagu ini mencapai nomor #1 di Billboard Hot 100, menjadikan kesembilan kalinya ini lagu Rihanna menduduki nomor satu hit pada tabel. Menurut Rihanna, rencana saat ini untuk merilis lagu "S&M" sebagai single ketiga beserta musik videonya. Namun, dalam sebuah wawancara di radio baru-baru ini, Rihanna menyatakan bahwa dia ingin penggemarnya memilih sendiri single ketiga dari album ini.

Sementara itu, setelah album ini dirilis, lagu "S&M" masuk di nomor #72 di Canadian Singles Chart, di nomor #53 pada US Billboard Hot 100, di nomor #55 pada UK Singles Chart, dan di nomor #4 pada Norwegian Singles Chart.

Pada tanggal 1 Oktober 2011, Rihanna akan memulai melakukan tour konser album Loud, yaitu tour album kelima ini. Tour yang diumumkan pada tanggal 7 Desember 2010, akan dimulai di Belfast sebelum mengunjungi daratan Eropa, kemudian berakhir di Dublin pada tanggal 25 November 2011.

Kinerja album

Debut album ini masuk di nomor #3 pada US Billboard 200 chart, dengan penjualan mencapai 207.000 copy pada minggu pertama di Amerika Serikat. Album ini adalah album tertinggi Rihanna untuk penjualan pada minggu pertama di Amerika Serikat. Album ini juga masuk di nomor #1 pada Billboard R&B/Hip-Hop Album chart. Dalam minggu kedua, album turun ke nomor #6 di Billboard 200 dan terjual 141.000 copy. Dalam minggu ketiga, album ini terjual 77.000 copy, dan minggu keempat album ini terjual 71.000 copy lagi, dan masuk di nomor #9 pada Billboard Top 200. Pada minggu kelima, album turun ke nomor #11 dengan penjualan 84.000 copy. Album ini terjual 111.000 copy dalam minggu keenam dan masuk naik satu peringkat di nomor #10 pada Billboard Top 200. Pada tanggal 26 Desember 2010, album ini terjual 690.000 copy di Amerika Serikat dan mencapai chart internasional yang cukup tinggi, dan mencapai 10 top album di beberapa negara. Di Kanada, debut album ini berada di nomor #1 pada Canadian Albums Chart, terjual 27.000 copy dalam minggu pertama disana. Hingga album ini terjual lebih dari 80.000 copy di Kanada, sehingga album ini mendapatkan platinum pada minggu pertama Desember 2010.
Di Perancis, debut album ini masuk di nomor tiga dengan penjualan mencapai 17.304 copy di minggu pertama. Pada minggu keenam pada Charts Perancis, album ini mendapatkan platinum dengan penjualan 100.000 copy. Dalam minggu kedua di Australian Albums Chart, album ini mendapatkan certified Gold untuk penjualan lebih dari 35.000 copy. Di Italia, album Rihanna ini memuncak di posisi tertinggi chart di nomor 11. Ini menjadi nomor ketiga berturut-turut pada satu album di Swiss. Debut album ini masuk di nomor #2 pada German Albums Chart. Debut album ini masuk di nomor #2 di Irlandia, dan Inggris. Di Inggris, album ini terjual mencapai 91.000 copy dalam minggu pertama. Dalam minggu keenam pada tabel, album ini terjual 306.107 copy, dan penjualan tertinggi untuk untuk album yang menduduki dibawah nomer satu. Hanya dalam waktu enam minggu, album ini terjual sebanyak 820.000 copy, sehingga menjadi album keempat terlaris di tahun 2010 di Inggris. Album ini berhasil menjadi nomer 13 penjualan album terbaik tahun 2010, yang terjual 2,2 juta copy dalam waktu lima minggu sejak dirilis.

Daftar lagu

01. "S&M"
Mikkel Eriksen, Tor Hermansen, Sandy Wilhelm, Ester Dean
02. "What's My Name?" (featuring Drake)
Hermansen, Eriksen, Tracy Hale, Dean, Aubrey Graham
03. "Cheers (Drink to That)"
Andrew Harr, Jermaine Jackson, Stacey Barthe, Laura Pergolizzi, Corey Gibson, Chris Ivery, Lauren Christy, Graham Edwards, Avril Lavigne, Scott Spock
04. "Fading"
Jamal Jones, Dean
05. "Only Girl (In the World)"
Crystal Johnson, Eriksen, Hermansen, Wilhelm
06. "California King Bed"
Harr, Jackson, Priscilla Renea, Alex Delicata
07. "Man Down"
Shama Joseph, Timothy & Theron Thomas, Shontelle Layne
08. "Raining Men" (featuring Nicki Minaj)
Melvin Hough II, Rivelino Wouter, Timothy & Theron Thomas, Onika Maraj
09. "Complicated"
Christopher Stewart, Dean
10. "Skin"
Kenneth Coby, Ursula Yancy
11. "Love the Way You Lie (Part II)" (featuring Eminem)
Alexander Grant, Holly Hafferman, Marshall Mathers

Japan bonus tracks:
12. "Only Girl (In the World)" (The Bimbo Jones Radio)
13. "Only Girl (In the World)" (CCW Radio Mix)

iTunes bonus tracks:
12. "Love the Way You Lie" (Piano version)
13. "Only Girl (In the World)" (Music video)
14. "Only Girl (In the World)" (Mixin Marc & Tony Svejda Mix Show Edit)

Deluxe edition bonus DVD:
01. "The Making of Loud: Chapter 1"
02. "The Making of Loud: Chapter 2 - Raining Men Recording Session"
03. "The Making of Loud: Chapter 3 - Man Down Recording Sesson"
04. "The Making of Loud: Chapter 4"
05. "The Making of Loud: Chapter 5 - Live in NYC - Madison Square Garden"
06. "The Making of Loud: Chapter 6 - Reb'l Fleur Photo Shoot"
07. "The Making of Loud: Chapter 7 - Loud Album Art Photo Shoot"
08. "The Making of Loud: Chapter 8 - Day One"
09. "The Making of Loud: Chapter 9 - Day Two"
10. "The Making of Loud: Chapter 10 - Credits (Includes making of Only Girl (In the World) video)"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar