Selasa, 14 Desember 2010

Pink Friday (Nicki Minaj album)

Released: 
19 November 2010
Recorded: 
2009–2010
Genre: 
Hip hop, R&B, pop
Length:
50:55
Label: 
Young Money, Cash Money, Universal Motown
Producer:
Bangladesh, Swizz Beatz, Drew Money, Papa Justifi, J. R. Rotem, T-Minus, will.i.am, Blackout Movement

Singles:
01. "Your Love" Released: 1 June 2010
02. "Right Thru Me" Released: 24 September 2010
03. "Moment 4 Life" Released: 7 December 2010

Pink Friday adalah debut album rapper Nicki Minaj, dirilis pada tanggal 19 November 2010 melalui Young Money Entertainment, Cash Money Records dan Universal Motown. versi deluxe nya berisi tiga lagu tambahan dan dirilis secara bersamaan. Album ini diawali dengan single "Your Love" dan "Right Thru Me" yang dirilis pada bulan Juni dan September 2010. Selain itu single yang sebelumnya dirilis bersama will.i.am berjudul, "Check It Out" juga muncul di album ini.

Latar Belakang:

Setelah penawaran label rekaman besar, Young Money Entertainment mengumumkan pada tanggal 31 Agustus 2009 kalau Minaj telah menandatangani kesepakatan dengan label di mana dia memelihara dan memiliki semua kesepakatan, termasuk merchandis, sponsor, dukungan, tour dan penerbitan. Sesi untuk album ini dimulai pada 2009 pada kuartal kedua 2010. Nicki Minaj menyatakan dalam wawancara MTV bahwa "Married In The Club" ditetapkan menjadi single yang dikeluarkan dan dirilis November 2009.
Rencana untuk merilis single itu dibatalkan dan Minaj menjelaskan dalam sebuah wawancara bulan Februari 2010 dengan MTV bahwa ia telah membatalkan materi sebelumnya dan mulai rekaman lagi dari awal untuk album perdananya.

Minaj berharap dengan keberhasilan album yang akan dikeluarkan dan dia yakin itu akan berhasil.

Konsep:

Pada 3 Agustus 2010 Minaj mengungkapkan di saluran Ustream.tv untuk penggemarnya bahwa nama album Pink Friday adalah terinspirasi dari tradisi besar Black Friday, dan Nicki Minaj menyebutnya dengan Pink Friday. Nicki Minaj juga mengatakan pada sampul album soal pembuatan cover album pada Jumat 15 Oktober 2010.

Rekaman dan Produksi:

Produser Hip-hop Swizz Beatz senang kolaborasinya dengan Minaj untuk album ini, Minaj membahas lagu "Catch Me", itu menggambarkan sebagai "moody" dan "kelembutan futuristik" yang kemudian menjadi bonus lagu di album ini. Minaj juga mengatakan di Entertainment Weekly bahwa anggota The Black Eyed Peas dan produser rekaman will.i.am menkontribusikan produksi album ini. Dia menyatakan dalam wawancara bahwa "Album ini jauh lebih emosional dari yang Anda perkirakan, Dan besar kemungkinan wanita banyak berpengaruh di album ini.
Sebuah kolaborasi antara Nicki Minaj & will.i.am dalam lagu berjudul "Check It Out", yang dirilis pada 3 September 2010 melalui situs download.

Rilis dan Promosi:

Di twitter-nya, Minaj menyatakan bahwa jika penggemarnya mencapai satu juta orang, dia akan mendedikasikan Ustream untuk penggemarnya. Pada tanggal 3 Agustus Minaj melanjutkan Ustream dengan menghubungi fans-fans nya via email dan via telepon untuk mengungkapkan judul albumnya. Pada tanggal 17 Juni 2010, promosi cover untuk album itu bocor di internet, menggambarkan Minaj berpakaian sebagai ninja. Pada tanggal 8 Juli 2010, Minaj diumumkan melalui Twitter bahwa album ini akan dirilis pada tanggal 23 November 2010. Kemudian situs resmi Minaj dan situs jejaring sosial mengumumkan bahwa versi situs download album ini akan Tersedia untuk iTunes pada tanggal 30 Oktober, kurang dari sebulan sebelum tanggal rilis resmi. dia juga merencanakan membuat musik video untuk empat lagu tambahan: "Moment 4 Life" featuring Drake, "Save Me", "Fly" featuring Rihanna, dan "Girls Fall Like Dominoes".

Daftar Lagu:

01. I'm The Best
02. Roman's Revenge feat. Eminem
03. Did It On'em
04. Right Thru Me
05. Fly feat. Rihanna
06. Save Me
07. Moment 4 Life feat. Drake
08. Check It OUt feat. will.i.am
09. Blazin feat. Kanye West
10. Here I Am
11. Dear Old Nicki
12. Your Love
13. Last Chance feat. Natasha Bedingfield

Tidak ada komentar:

Posting Komentar