Senin, 13 Desember 2010

Come Around Sundown (Kings of Leon album)

Dirilis: 15 October 2010
Direkam: Avatar Studios New York, February 2010
Genre: Alternative rock, southern rock
Durasi: 47:26
Label: RCA
Produser: Angelo Petraglia and Jacquire King

Singles:
01. "Radioactive"
Released: 14 September 2010

Come Around Sundown adalah album studio kelima band rock America, Kings of Leon, dirilis di Republik Irlandia, Australia dan Jerman pada tanggal 15 Oktober 2010, diikuti oleh rilis di Inggris pada tanggal 18 dan Amerika Utara pada tanggal 19 Oktober. Cover album dan daftar lagu album diumumkan pada tanggal 3 September. Single pertama "radioactive", bersama bersama musik video dirilis pada tanggal 8 September di situs resmi band. Dan selang sehari, band mengumumkan pada radio resmi Australia.
Seperti juga yang terjadi pada komposisi sebelumnya, album baru Kings of Leon: Come Around Sundown memunculkan kembali ciri mereka melalui musikalitas yang baru dan mengubah sedikit tema lagunya. Bila sebelumnya Caleb dan teman-teman banyak mengangkat tema duniawi penuh hedonitas seperti pesta, mabuk-mabukan, alkohol maupun sex, dalam album ke-5 ini Kings of Leon tampil lebih dewasa dan penuh harapan, bahkan hanya menampilkan sedikit nomor balada.

Album ini langsung menduduki nomor satu di Australia, Austria, Belgia, Kanada, Jerman, Irlandia, Swiss dan Inggris. Di Inggris, album ini berhasil mencatat angka penjualan 183.000 kopi dalam minggu perdananya. Dengan angka tersebut, album ini tercatat sebagai album paling laris download di minggu pertama setelah rilis di tahun 2010.

Track pertama dalam album baru Kings of Leon: Come Around Sundown dibuka oleh lagu berjudul 'The End'. Sebuah musik minimalis bertempo sedang yang diiringi suara bass bersahut-sahutan dengan vokal Caleb nan unik. Bahkan bila didengarkan sekilas, vokal Caleb pada lagu ini terdengar seperti vokal Lenny Kravitz. Sebagai lagu pembuka, lagu ini sukses menggambarkan keseluruhan isi album yang sedikit banyak berubah haluan dibanding album-album sebelumnya. Track berikutnya dalam album baru Kings of Leon: Come Around Sundown merupakan salah satu single yang beredar beberapa waktu sebelumnya, 'Radioactive'. Pada lagu yang bertempo sedikit cepat ini, komposisi petikan gitarnya cukup terpengaruh band legendaris asal Irlandia, U2. Radioactive sendiri sepertinya ingin mengajak MDers menjadi 'kacang yang tak lupa akan kulitnya' melalui lirik "it's in the water, it's in the story, where you came from". Meski album baru Kings of Leon: Come Around Sundown bisa dikatakan lebih dewasa dan mengusung tema baru, namun band rock ini masih konsisten menciptakan lagu tentang wanita, meski dengan sudut pandang berbeda. Pada lagu berjudul 'Mary' misalnya, MDers akan diingatkan pada lengkingan vokal ala band Aerosmith dan sound gitar band-band rock era '90-an, lengkap dengan melodi yang melengking.

Jika sebelumnya lagu-lagu tentang wanita yang diciptakan hanya membahas mengenai seks, pada Mary ini Kings of Leon seolah melindungi dan menjunjung wanita yang dicintai dengan liriknya yang berbunyi "No I won't, never once, make you cry".

Salah satu track yang 'tampil beda' dalam album baru Kings of Leon: Come Around Sundown ini adalah track berjudul 'Beach Side'. Pada lagu bertempo sedang ini, Kings of Leon seolah berubah menjadi band beraliran brit-pop dengan sound bass, rhythm, serta drums khas band daratan Inggris. Ini menjadi sisi lain yang ditawarkan oleh Kings of Leon, tentunya karena band ini selalu menampilkan hal-hal baru pada setiap albumnya.

Come Around Sundown telah menerima tanggapan positif dari kritikus musik. Majalah Rolling Stone menempatkan "Come Around Sundown" di # 18 pada daftar Album Terbaik tahun 2010.

Daftar Lagu:
01. The End
02. Radioactive
03. Pyro
04. Mary
05. The Face
06. The Immortals
07. Back Down South
08. Beach Side
09. No Money
10. Pony Up
11. Birthday
12. Mi Amigo
13. Pickup Truck

Anggota Band:
Nathan Followill (drums, percussion, backing vocals)
Caleb Followill (lead vocals, rhythm guitar)
Jared Followill (bass, backing vocals)
Matthew Followill (lead guitar, backing vocals)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar