Kamis, 20 Januari 2011

X&Y (Coldplay album)

Singles dari album "X&Y":
1. "Speed of Sound"
Dirilis: 23 Mei 2005
2. "Fix You"
Dirilis: 5 September 2005
3. "Talk"
Dirilis: 19 Desember 2005
4. "The Hardest Part"
Dirilis: 3 April 2006
5. "What If"
Dirilis: 27 Juni 2006 (Perancis dan Belgia saja)
6. "White Shadows"
Dirilis: Juni 2007 (Amerika Latin saja)

"X&Y" adalah album studio ketiga dari band rock Inggris Coldplay, yang dirilis 6 Juni 2005 di Inggris melalui label rekaman Parlophone. Album ini menampilkan aliran musik elektronik dan diproduksi oleh band, dan produser dari Inggris Danton Supple. produser rekaman dari Inggris Ken Nelson seharusnya menghasilkan banyak album, namun banyak lagu ditulis selama sesi mereka buang karena band tidak puas dengan lagu-lagu tersebut.

Album ini berisi dua belas lagu dan hidden track tambahan, "Til Kingdom Come". Lagu ini dihilangkan dari daftar lagu di sampul belakang album, tapi tertulis sebagai "+" pada label disk dan di buklet album, yang mana lagu itu awalnya direncanakan untuk penyanyi-penulis lagu dari Amerika Johnny Cash untuk direkam dengan Martin, tetapi Cash meninggal sebelum ia dapat melakukannya. Lagu "Talk" muncul di daftar lagu utama, meskipun lagu itu dianggap telah ditaruh ke side-B dan selanjutnya dirilis sebagai album single, setelah sempat bocor online pada awal 2005.

Album ini telah dianggap sebagai pencapaian bagus dari band, menjadi top chart di seluruh dunia, termasuk Inggris dan Amerika Serikat. Dengan akumulasi penjualan lebih dari 11 juta copy, album ini merupakan album terbaik dalam penjualan saat dirilis pada tahun 2005 di seluruh dunia. Album ini telah menelurkan single "Speed of Sound", "Fix You", "Talk", "The Hardest Part", "What If" dan "White Shadows".

Latar Belakang dan perekaman album

Pada bulan Maret 2004, Coldplay mengumumkan rincian saat mengerjakan album X&Y. Rencana awal adalah untuk tetap berada di luar publik sepanjang tahun. Vokalis Chris Martin menyatakan, "Kami benar-benar harus pergi untuk sementara waktu dan kami tidak akan merilis apa-apa tahun ini". Bagaimanapun rencana ini bukan karena tekanan album kedua mereka, A Rush of Blood to the Head, tapi mereka mencoba untuk membuat hal yang terbaik untuk orang yang akan mendengarkan lagu-lagunya. Sebelum pengumuman tersebut, Martin, gitaris Jonny Buckland, dan produser rekaman Inggris Ken Nelson mulai merekam demo sementara di Chicago, Illinois. Band ini kemudian memasuki studio di London pada Januari 2004.

Album yang akan dirilis adalah versi ketiga yang band hasilkan selama sesi akhir, dan beberapa bahkan dianggap sebagai album kelima mereka. Karena band tidak puas dengan hasil dari sesi awal mereka dengan Nelson, yang memproduksi dua album sebelumnya. Tanggal rilis direncanakan awal tahun 2004, dan band menunda album itu sampai Januari 2005. Tetapi karena target tanggal baru sudah dekat, band membuang lagu lagi, yang mereka anggap terdengar masih datar.

Enam puluh lagu ditulis selama sesi ini, lima puluh dua di antaranya dibuang. Band kemudian mulai berlatih lagu untuk sebuah tour yang direncanakan, tetapi lagu-lagunya terdengar lebih baik saat dinyanyikan saat live dibandingkan saat rekaman.

Dalam mencari kesempurnaan lagu-lagunya, Coldplay harus melangkah kedepan dan bekerja keras dengan benar. Band memilih Danton Supple, yang mengolah sebagian besar lagu-lagu dalam album sebelumnya A Rush of Blood to the Head, untuk mengawasi produksi X&Y. Ketika bulan Januari tiba, band ini harus menyelesaikan album. Mereka menyelesaikan lagu "Square One", yang Martin telah gambarkan sebagai "permohonan" untuk masing-masing agar tidak terintimidasi oleh sesuatu atau orang lain. Selama minggu-minggu terakhir bulan itu, band masuk produksi dan telah menempatkan sentuhan akhir pada track.

Drummer Will Champion kemudian mengakui bahwa band ini tidak mau terburu-buru dalam menyelesaikan album karena prospek tour lagi yang begitu menakutkan dan mereka harus memastikan bahwa itu bisa menjadi yang terbaik.

Pada saat itu, band telah menulis sekitar 14 atau 15 lagu. Martin menambahkan bahwa alasan mengapa mereka pulang sampai larut malam adalah bahwa mereka terus menambahkan sentuhan akhir untuk lagu-lagu itu.

Komposisi

Coldplay telah mengutip berbagai musik yang mempengaruhi dalam album ini. Pelopor musik elektronik dari Jerman Kraftwerk terbukti dipakai Coldplay pada lagu "Talk", yang meminjam hook sintetis dari lagu tahun 1981 "Computer Love". Juga musik elektronik tahun 1970-an dari musisi Inggris seperti David Bowie dan Brian Eno. Dari Eno, yang kemudian menghasilkan album Viva la Vida or Death and All His Friends dan album kelima mereka yang akan datang, juga dukungan synthesizer pada lagu "Low". Single pertama, "Speed of Sound", juga mengambil inspirasi musik rhythm dari penyanyi dan penulis lagu asal Inggris Kate Bush pada lagu "Running Up That Hill".

Rilis dan promosi

X&Y pada awalnya rencana akan dirilis tahun 2004, walaupun kabar awal yang diberitakan tidak akan dirilis sampai tahun 2005, Namun, karena preferensi pribadi, lagu yang direkam dalam beberapa sesi yang dibatalkan dan telah di undur, diharapkan album ini dirilis pada Januari 2005. Namun, tanggal baru ini berlalu dan band mengatur jadwal tanggal lain lagi. Pada awal tahun 2005 itulah, album dikabarkan akan memiliki target tanggal rilis antara Maret dan Mei 2005.
Pada awal April, band ini telah menyelesaikan daftar lagu dari album. Akhirnya, album ini dirilis pada tanggal 6 Juni 2005 di Inggris melalui label rekaman Parlophone. Album ini dikeluarkan pada tanggal 7 Juni di AS oleh Capitol Records, dan telah dirilis dengan Copy Control pada sistem proteksi di beberapa daerah. Pada tahun 2008, Capitol merilis versi remaster dari album ini pada dua kaset 180-gram sebagai bagian dari seri "From the Capitol Vaults".

Sekitar tiga bulan sebelum merilis album, Coldplay mulai menyanyikan beberapa lagu dari album ini selama pertunjukan live. Band ini membuat kinerja headlining di stasiun radio KCRW-FM, pementasan lima lagu dari album X&Y dan beberapa lagu favorit lama mereka.

Album ini memiliki empat single utama yang dirilis secara internasional: "Speed of Sound", "Fix You", dan "Talk" pada tahun 2005, dan "The Hardest Part" pada tahun 2006. Single kelima "What If", dirilis pada bulan Juni 2006 pada stasiun radio di Prancis dan lagu berbahasa Perancis di negara Belgia dan Swiss. CD komersial juga dirilis di Belgia dengan fitur B-side yang sama sebagai "The Hardest Part" ("How You See the World" direkam live di Earls Court), yang dirilis pada negara selain pasar Eropa serta Jepang dan Australia. Album ini memiliki single "Tom Lord-Alge Mix" dari "What If" sebagai side-A yang berbeda dari versi album biasa. Akhirnya, pada tahun 2007, "White Shadows" dirilis sebagai single di Amerika Latin, bertepatan saat band melakukan tour di negara tersebut ditahun 2007, yang juga melengkapi album "Tour Edition" yang dirilis di wilayah ini.

Komersial kinerja

Album X&Y ini sukses komersial di Eropa. Debut album ini menduduki pada nomor #1 di UK Albums Chart (membuat ketiga kalinya Coldplay berturut-turut mencapai debut album nomor satu) dengan penjualan mencapai 464.471 copy (yang tertinggi kedua pada pembukaan penjualan dipekan awal dalam sejarah Inggris).

Untuk saat ini, British Phonographic Industry (BPI) telah menganugrai album ini 8x platinum. Album ditempatkan di nomor 9 dalam daftar 20 penjualan album tertinggi pada abad ke-21 di Inggris, yang diterbitkan oleh media Inggris, Music Week.

Pers Amerika telah mengaanggap album X&Y ini merupakan prestasi terbaik bagi Coldplay. Debut album ini menduduki puncak pada US Billboard 200, terjual mencapai 737.000 copy pada pekan pertama, dan penjualan awal melampaui penjualan album sebelumnya band, Parachutes, yang mengumpulkan lebih dari 6.500 copy pada debutnya, dan album A Rush of Blood to the Head dengan penjualan di bawah 141.000 copy. Album X&Y menjadi penjualan album tertinggi kedua pada awal pekan penjualan album di Amerika Serikat untuk tahun 2005, dibawah rapper Amerika, 50 Cent pada album keduanya, The Massacre, yang terjual lebih dari satu juta copy dalam pekan pertama rilis.

Album X&Y ini juga muncul sebagai yang terbesar penjualannya pada debutnya untuk album yang ber-genre rock. Recording Industry Association of America (RIAA) telah menganugrai album ini 3x platinum untuk pengiriman akumulasi lebih dari tiga juta unit. Secara keseluruhan, album ini menjadi album terlaris di tahun 2005 diseluruh dunia, pengiriman yang mencapai lebih dari 8,3 juta copy.
Penghargaan

Album ini memperoleh beberapa penghargaan untuk band. Pada tahun 2006, album ini memenangkan Best British Album di BRIT Awards, dan International Album of the Year di Juno Awards, bersama dengan kelompok hip hop Amerika, Black Eyed Peas. X&Y telah membuat Coldplay ketiga kalinya mereka berturut-turut masuk nominasi Mercury Prize, juga dinominasikan untuk Best Rock Album pada Grammy Awards ke-48, namun kalah dari album U2, How to Dismantle an Atomic Bomb.

Daftar lagu
●Semua lagu ditulis oleh Guy Berryman, Jonny Buckland, Will Champion dan Chris Martin.

Main CD:
1. "Square One" 4:47
2. "What If" 4:57
3. "White Shadows" 5:28
4. "Fix You" 4:54
5. "Talk" 5:11
6. "X&Y" 4:34
7. "Speed of Sound" 4:48
8. "A Message" 4:45
9. "Low" 5:32
10. "The Hardest Part" 4:25
11. "Swallowed in the Sea" 3:58
12. "Twisted Logic" (sebenarnya durasinya cuma 4:31 menit, diikuti dengan diam selama 0:30 menit) 5:01
13. "Til Kingdom Come" (hidden track) 4:10

Bonus Tracks:
14. "How You See the World" (hanya tersedia pada beberapa rilisan di Jepang) 4:04

Tour edition DVD:
Bertepatan dengan tour Coldplay di Australia, Asia Tenggara, dan Amerika Latin, album ini dirilis ulang di wilayah-wilayah sebagai album "Tour Edition", yang juga mencakup semua lagu side-B dan musik video dari single album X&Y pada bonus DVD:

Audio Only Section:
1. "Things I Don't Understand" 04:56
2. "Proof" 04:11
3. "The World Turned Upside Down" 04:33
4. "Pour Me" (Live at the Hollywood Bowl) 05:01
5. "Sleeping Sun" 03:09
6. "Gravity" 06:12

Audiovisual Section
1. "Speed of Sound (video)"
2. "Fix You (video)"
3. "Talk (video)"
4. "The Hardest Part (video)"

Tour edition CD:
Disamping album utama, album"Japan Tour Special Edition" dirilis di tahun 2006. Ini adalah satu-satunya album "Tour Edition" yang memiliki bonus disc sebagai CD (CD Extra), dan tanpa Copy Control. Semua selain album "Tour Editions" memiliki perlindungan copy control. Daftar lagu ini persis dan sama dengan album "Tour Editions".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar