Kamis, 27 Januari 2011

Teenage Dream (Katy Perry album)

Singles dari album "Teenage Dream":
1. "California Gurls"
Dirilis: 11 Mei 2010
2. "Teenage Dream"
Dirilis: 23 Juli 2010
3. "Firework"
Dirilis: 26 Oktober 2010
4. "E.T."
Dirilis: Februari 2011

"Teenage Dream" adalah album studio ketiga dari penyanyi-pencipta lagu dari Amerika, Katy Perry. Album ini dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 24 Agustus 2010. Dan debutnya menduduki nomor #1 pada Billboard 200, yang terjual mencapai 192.000 copy dalam minggu pertama. Album ini telah melahirkan tiga single yang mencapai sukses pada puncak chart; "California Gurls" feat Snoop Dogg, "Teenage Dream" dan "Firework", yang kesemuanya telah mencapai puncak top Billboard Hot 100 dan Hot Dance Club Songs charts.

Pada tanggal 1 Desember 2010, diumumkan bahwa album Teenage Dream dinominasikan untuk kategori Album of the Year dan Best Pop Vocal Album pada Grammy Awards ke-53. Selain itu, single album pertama, "California Gurls" dinominasikan untuk kategori Best Pop Collaboration with Vocals dan single kedua "Teenage Dream" dinominasikan untuk kategori Best Female Pop Vocal Performance.

Merekam dan produksi

Perry mulai merekam album pada 13 Oktober 2009. Dan telah diumumkan, pada album ini dia bekerja dengan banyak seniman dan produser termasuk Greg Wells, Guy Sigsworth, Dr. Luke, Max Martin, Ryan Tedder, Rivers Cuomo, Thaddis "Kuk" Harrell, Greg Kurstin, Benny Blanco, Darkchild, Cathy Dennis, Ester Dean, The- Dream dan Christopher "Tricky" Stewart, yang mengatakan pada majalah Rap-Up pada bulan Desember 2009 bahwa suara dari album ini akan beraliran pop/rock, sama seperti album sebelumnya, One of the Boys.

Pada tanggal 27 Maret 2010, pada Kids' Choice Awards 2010, Perry mengatakan kepada MTV News bahwa album ini akan keluar pada musim panas ini. Perry juga menyatakan bahwa album ini terinspirasi oleh grup musik ABBA dan The Cardigans. Menurut Perry, ia memberikan kepada produser nya Dr. Luke mixtape lagu-lagu dari dua kelompok itu untuk menunjukkan bagaimana rekaman berikutnya yang ingin dia dengar.

Selama pemotretan pada majalah Rolling Stone pada bulan April 2010, Perry mengungkapkan rincian tentang lagu pada album yang berjudul "California Gurls", diduga merupakan dukungan dari lagu Jay-Z "Empire State of Mind". Dan lagu ini merupakan lagu Perry yang berkolaborasi dengan rapper California Snoop Dogg.

Perry juga berbicara tentang kerja samanya dengan produser Max Martin dan Dr. Luke: "Bekerja dengan Max Martin dan Dr. Luke adalah upaya kolaborasi yang indah, saya bekerja dengan mereka pada rekaman pertama, dan tentu saja saya ingin kembali bekerja sama dengan mereka".

Pada April 30, 2010 Perry menyatakan bahwa itu hari terakhir perekaman album, dan pada tanggal 5 Mei 2010, Perry melakukan pemotretan untuk cover album. Pada tanggal 21 Juli 2010, cover resmi album ditayangkan melalui live webstream bersama Will Cotton pada Art Studio milik Cotton, dan pada tanggal 23 Juli 2010, daftar lagu album resmi telah diposting pada website resmi Perry.

Komposisi lagu

Musik dari album, "Teenage Dream", dianggap sebagai sound balada elektro dengan komposisi yang tenang dan romantis yang sama dengan sound yang dibuat dengan musik synthesizer. Menurut Katy Perry, meskipun tidak memiliki banyak kandungan substantif, lagu "Last Friday Night (T.G.I.F.)" merupakan lagu yang menyampaikan perasaan baik sebagaimana lagu "I Gotta Feeling" dari The Black Eyed Peas dan disebut sebagai versi baru dari lagu pada album One of the Boys, "Waking Up in Vegas".

Lagu "California Gurls" ditulis sebagai jawaban terhadap lagu "Empire State of Mind" dari Jay-Z dan Alicia Keys, sebagai penghargaan untuk perempuan, dan gaya hidup orang-orang yang hidup di pantai California. Lagu ini mengikuti aliran electropop, berisi suara synthesizer dan beberapa peregangan yang dibantu dengan Auto-Tune, yang ternyata menjadi sebuah "lagu tema pantai". kata James Montgomery MTV. Perry mengatakan kepada majalah Rolling Stone bahwa dia merasa terdorong untuk menciptakan sebuah lagu tentang California, ketika ia melihat beberapa orang di pantai Amerika itu dengan menyanyikan musik dari Jay-Z yang membuat penghormatan kepada kota New York, dan karena sudah lama mereka tidak melakukan sesuatu untuk negara bagean California itu.

The Beach Boys sempat mengancam tuntutan hukum karena lirik untuk Snoop Doggs pada lagu itu: 'I wish they could all be California Girls', yang mereka anggap sebagai salah satu lirik lagu lama mereka.

Lagu "Firework" terinspirasi dari buku klasik oleh Jack Kerouac, On the Road, Dalam lagu ini, Katy Perry memotivasi dan menginspirasikan orang tidak untuk umum tetapi untuk unggul. "Firework" memiliki musik dari percampuran suara biola dengan house music, dan vokal Katy Perry disebut oleh Chris Ryan dari MTV Buzzworthy sebagai "vokal diva yang terinspirasi oleh house musik". Penyanyi ini mengikuti aliran rock elektro pada lagu "Circle the Drain", sebuah lagu di mana ia mengkritik mantan pacarnya yang juga anggota dari Gym Class Heroes, Travie McCoy. Pada "Circle the Drain", lagu ini bertema tentang seorang wanita yang bosan melihat pacarnya yang sakit dan merawatnya seperti seorang ibu.

Pada lagu "Who Am I Living For?", Katy Perry menyatakan lagu ini tentang spiritualitas dan iman, yang mengutip kalimat dari kitab Esther pada musik sebagai inspirasinya. Lagu "Hummingbird Heartbeat" terinspirasi oleh tunangan Perry, Russell Brand. "Not Like the Movies" adalah lagu yang dimainkan dengan piano dalam gaya unik yang mengikuti lagu balada romantis "Teenage Dream", tema lagu ini adalah sebuah novel yang difilmkan, yang kenyataannya cerita di film tidak sama dengan yang di novel.

Perilisan

"Teenage Dream" dirilis pada tanggal 24 Agustus 2010, di Amerika Serikat sebagai digital download pada iTunes dan pada CD oleh Capitol Records. Di seluruh dunia, album ini dirilis pada tanggal 30 Agustus 2010 dan didistribusikan oleh EMI Music Publishing Group pada CD dan juga tersedia sebagai digital download. Versi deluxe tersedia pada tanggal 27 Agustus 2010 di Amerika Serikat, dan terdiri dari dua CD dan dua belas lagu asli, ditambah lagu-lagu dari penyanyi yang diambil dari bagian tahun 2009 bersama 3OH!3 dalam lagu "Starstrukk" dan bersama Timbaland dalam lagu "If We Ever Meet Again". Versi deluxe untuk remix, dari lagu "California Gurls" dan lagu "Teenage Dream".

Artwork

Cover pertama dari 2 single diambil gambarnya oleh Emma Summerton pada bulan April 2010, dan tiga gambar lain diambil oleh seniman yang dirilis untuk mempromosikan album pada bulan Juli lalu. Cover resmi album dilukis pada kanvas oleh Will Cotton dan dirilis pada 21 Juli melalui live webstream, yang menunjukkan Perry berbaring telanjang di awan.

Promosi

Dalam acara MTV Movie Awards pada bulan Juni 2010, Katy Perry dan Snoop Dogg menyanyikan lagu "California Gurls" yang memamerkan unsur-unsur budaya utama negara. Budaya California juga mempengaruhi pertunjukannya pada bulan Juni dengan lagu yang sama di Eropa pada acara Topmodel 2010 dan acara Le Grand Journal di Jerman. Adegan terinspirasi oleh video Candyfornia yang digunakan pada acara MuchMusic Video Awards 2010 dan pada acara komedi The Graham Norton Show.

Perry menyanyikan "Teenage Dream" secara live untuk pertama kalinya pada bulan Juli 2010 di MTV World Stage 2010 di Malaysia dan Teen Choice Awards 2010 sebagai tema pembukaan acara penghargaan tersebut. Pada bulan Agustus Perry menyanyikan lagu "California Gurls" dan "Peacock" pada program acara The Morning Show dan The Today Show. Pada tanggal 24 Agustus, lagu "Firework" adalah fitur pada acara The Late Show with David Letterman secara live.

Single

Lagu "California Gurls" yang berkolaborasi bersama rapper Snoop Dogg dirilis sebagai lead single album. Lagu ini dikirim ke radio AS pada 7 Mei 2010 dan tersedia sebagai digital download pada tanggal 11 Mei 2010. Lagu ini menghabiskan enam minggu pada nomor #1 di Billboard Hot 100, dan telah terjual mencapai 4.398.212 unduhan di AS pada tahun 2010, menjadi penjualan lagu digital terbaik tahun itu.

Lagu "Teenage Dream" dirilis sebagai single kedua dan dikirim ke stasiun radio pada 22 Juli 2010. Pada hari berikutnya single ini dirilis melalui iTunes, dan debut lagu ini menduduki nomer #20 pada Billboard Hot 100. Lagu ini telah mencapai puncaknya pada nomor satu pada chart, menandai ketiganya single Perry pada nomer itu.

Lagu "Firework" adalah single ketiga dari album dan dirilis pada tanggal 26 Oktober 2010. Video musik untuk lagu ini merupakan bagian dari kesepakatan lintas promosi besar dengan kelompok telekomunikasi Eropa, Deutsche Telekom. Deutsche Telekom menyelenggarakan serangkaian kegiatan dan kompetisi untuk penggemarnya di seluruh Eropa yang akan direkrut untuk tampil di video ini. Lagu ini mencapai nomor #1 pada Billboard Hot 100 Chart pada tanggal 18 Desember 2010.

Single keempat, "ET", ditetapkan untuk dirilis pada Februari 2011.

Promosi single

Sebelum merilis album, tiga single promosi yang dirilis secara eksklusif di iTunes Store untuk Apple sebagai hitung mundur untuk album ini. Lagu "Not Like the Movies" dirilis pada tanggal 3 Agustus 2010, dan membuat debutnya di nomer #53 pada Billboard Hot 100, sebelum jatuh dari Hot 100 di minggu berikutnya. Lagu "Circle the Drain" dirilis pada tanggal 10 Agustus 2010, sebagai promosi single kedua dan menduduki nomer #58 pada Billboard Hot 100. Dan lagu "ET" merupakan single final promosi yang dirilis minggu berikutnya pada 17 Agustus 2010 dan memetakan di nomer #42 pada Billboard Hot 100.

Chart performen

Debut album ini menduduki nomor #1 di US Billboard 200 chart, dengan penjualan mencapai 192.000 copy di minggu pertama. Pada Januari 2011, album telah terjual mencapai 997.000 copy. Di Kanada, debut album ini menduduki nomor #1 pada Canadian Albums Chart, dan terjual mencapai 26.000 copy di minggu pertama. Di Australia, debut album ini juga menduduki nomor satu, serta telah terakreditasi dengan sertifikasi Emas untuk penjualan lebih dari 35.000 copy. Di Inggris, debut album ini menduduki nomor satu dengan penjualan 54.176, sekitar satu setengah dari penjualan album Eminem, Recovery pada minggu pertama.

Daftar lagu

1. "Teenage Dream" 3:47
2. "Last Friday Night (T.G.I.F.)" 3:50
3. "California Gurls" (feat. Snoop Dogg) 3:54
4. "Firework" 3:47
5. "Peacock" 3:51
6. "Circle the Drain" 4:32
7. "The One That Got Away" 3:47
8. "E.T." 3:26
9. "Who Am I Living For?" 4:08
10. "Pearl" 4:07
11. "Hummingbird Heartbeat" 3:32
12. "Not Like the Movies" 4:01

Hidden U.S. tracks:
13. "California Gurls" (feat. Snoop Dogg; Passion Pit Main Mix) 4:11
14. "Teenage Dream" (Kaskade Club Remix) 6:27

iTunes Store bonus content:
13. "California Gurls" (feat. Snoop Dogg) Passion Pit Remix 4:11
14. "California Gurls" (feat. Snoop Dogg) MSTRKRFT Remix 3:59
15. "Teenage Dream" Kaskade Club Remix 6:27
16. "Peacock" Cory Enemy & Mia Moretti Vocal Club Mix 5:32
17. "Teenage Dream" Video musik 3:49
18. "California Gurls" (UK iTunes Store) Video musik 3:56

Deluxe Edition bonus disc: Dream On:
1. "If We Ever Meet Again" (bersama Timbaland) 4:23
2. "Starstrukk" (bersama 3OH!3) 3:22
3. "California Gurls" (Passion Pit Main Mix) (feat. Snoop Dogg) 4:11
4. "California Gurls" (Armand Van Helden Remix) (feat. Snoop Dogg) 5:48
5. "Teenage Dream" (Kaskade Club Mix) 6:28

Tidak ada komentar:

Posting Komentar