Sabtu, 01 Januari 2011

Elephunk (The Black Eyed Peas album)

Dirilis: 24 Juni 2003
Direkam: 2001-2003
Genre: Hip hop
Durasi album: 59:29 menit
Lebel: A&M, will.i.am, Interscope
Produser: apl.de.ap, will.i.am, Ron Fair

Singles dari album "Elephunk":
1. "Where Is the Love?"
Dirilis: 16 Juni 2003
2. "Shut Up"
Dirilis: 4 November 2003
3. "Hey Mama"
Dirilis: 12 Januari 2004
4. "Let's Get It Started"
Dirilis: 22 Juni 2004

Elephunk adalah album studio ketiga dari kelompok hip hop Amerika, The Black Eyed Peas, dirilis pada tanggal 24 Juni 2003. Album ini memetakan pada nomor #14 di US Billboard 200 album chart dan mendapatkan double platinum dari Asosiasi Industri Rekaman Amerika, dan telah terjual mencapai 8,5 juta copy di seluruh dunia, dengan 3,2 juta di Amerika Serikat saja. Album ini diproduksi oleh Ron Fair dan anggota band will.i.am. Ini adalah album pertama untuk vokalis Stacy "Fergie" Ferguson sebagai anggota The Black Eyed Peas. Empat single yang dirilis dari album Elephunk, termasuk "Where Is Love?", yang menduduki puncak tangga lagu lebih dari sepuluh negara.

Pengembangan album dimulai pada tanggal 2 November 2001 dan dirilis di dua tahun kemudian pada tahun 2003. Pada saat pengembangan album, hanya will.i.am, apl.de.ap dan Taboo sebagai fitur pada album. Selama produksi lagu "Shut Up" (single kedua yang dirilis dari album), mereka menyadari bahwa vokal perempuan akan menjadi lebih baik dengan lagu itu. Awalnya Nicole Scherzinger (penyanyi utama dari The Pussycat Dolls) yang didekati untuk diajak berkolaborasi, tetapi tidak jadi karena dia sudah menandatangani kontrak dengan Eden's Crush. Dante Santiago kemudian memperkenalkan Fergie kepada Will dengan bakat vokalnya. Dia langsung membentuk ikatan dengan band dan menjadi anggota tetap di band dan foto nya juga dicetak di sampul album.

Di Amerika Serikat, Elephunk mencapai nomor #14 di Billboard Top 200 dan merupakan album pertama mereka untuk grafik di atas nomer 15. Album ini mendapat sukses komersial, bahkan di UK Album Charts, yang mencapai nomor #3. Album ini telah terjual lebih dari 1,6 juta kopi di Inggris dan 8,5 juta kopi di seluruh dunia. Single "Where Is The Love?" dan "Shut Up" mencapai nomer 1. Single "Hei Mama" telah digunakan untuk beberapa iklan, termasuk iklan untuk Apple dan iTunes. Single "Let's Get It Started" juga menerima pujian universal di berbagai media di mana versi cover lagu muncul dalam film "Hot Tub Time Machine" Setelah sukses dengan album Elephunk, band didekati oleh pihak EA Games untuk menampilkan beberapa musik mereka pada permainan game tahun 2004, The Urbz. Mereka meremix beberapa lagu pada album Elephunk dan menerjemahkan ke dalam Simlish dan terciptalah lagu baru dalam game itu. Anggota band juga yang menjadi karakter dalam permainan game itu.

Daftar lagu
●Semua lagu diproduseri oleh will.i.am, kecuali lagu "The Apl Song" dengan co-produser apl.de.ap, dan lagu "Where Is Love?" dengan co-produser Ron Fair

01. "Hands Up"
will.i.am, apl.de.ap, Taboo, George Pajon Jr., Mike Fratantuno, Jean Baptiste, Billy May
02. "Labor Day (It's a Holiday)"
will.i.am, Pineda, Thomas Van Musser, James Brown, Phelps Catfish Collins, Williams Earl Collins, John Griggs, Clayton Gunnells, Darrel Jamison, Robert McCullough, Clyde Stubblefield, Frank Clifford Waddy
03. "Let's Get Retarded"
will.i.am, Pineda, Taboo, Terence Yoshiaki, Fratantuno, Pajon Jr.
04. "Hey Mama" (featuring Tippa Irie)
will.i.am, Anthony Henry
05. "Shut Up"
will.i.am, Taboo, J. Curtis, Pajon Jr.
06. "Smells Like Funk"
will.i.am, Pineda, Fratantuno, Pajon Jr.
07. "Latin Girls"
will.i.am, Pineda, Taboo, Curtis, Pajon Jr., Debi Nova
08. "Sexy"
will.i.am, Antonio Carlos Jobim, Vinicius de Moraes
09. "Fly Away"
Fergie, will.i.am, Ray Brady
10. "The Boogie That Be"
will.i.am, John Stephens, Van Musser
11. "The Apl Song"
will.i.am, Pineda
12. "Anxiety" (bersama Papa Roach)
will.i.am, Pineda, Jacoby Shaddix, Tobin Esperance
13. "Where Is the Love" (bersama Justin Timberlake) (Hidden track "Third Eye")
will.i.am, Justin Timberlake, Taboo, Pineda, Printz Board, Fratantuno, Pajon Jr., Curtis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar