Rabu, 19 Januari 2011

Parachutes (Coldplay album)

Singles dari album Parachutes:
1. "Shiver"
Dirilis: 6 Maret 2000
2. "Yellow"
Dirilis: 26 Juni 2000
3. "Trouble"
Dirilis: 26 Oktober 2000
4. "Don't Panic"
Dirilis: 27 Agustus 2001

"Parachutes" adalah album pertama dari band rock alternatif asal Inggris, Coldplay, album ini dirilis oleh label rekaman Parlophone pada tanggal 10 Juli 2000 di Britania Raya. Album ini diproduksi oleh Coldplay sendiri dan produser Inggris, Ken Nelson, termasuk salah satu lagu yang diciptakan oleh Chris Allison. Album ini telah melahirkan hit single "Shiver", "Yellow", "Trouble", dan "Don't Panic".

Album ini sukses komersial. Setelah dipasarkan, album ini langsung mencapai puncak nomor satu di tangga lagu Inggris, dan mendapakan 7x platinum. Di US, album ini bertengger di nomor #51 pada Billboard 200, dan mendapatkan 2x platinum disana, dan memenangkan Grammy Award untuk kategori Best Alternative Music Album pada tahun 2002, juga menerima berbagai penghargaan lain sejak album ini dirilis. Album ini juga sempat menduduki nomor #12 pada daftar 20 penjualan album terbesar abad ke-21 di Inggris. Album ini memenangkan Best British Album pada Brit Award di tahun 2001.

Rekaman dan produksi

Produser Ken Nelson memproduksi lagu-lagu dalam album Coldplay ini. Dia diperkenalkan kepada oleh Pete, manajer dari Coldplay. Nelson telah menyatakan bahwa, setelah ia mendengar suara Chris Martin pada lagu "Bigger Stronger", ia menyadari bahwa vokal Martin adalah sesuatu yang istimewa. Nelson menawari pekerjaan Coldplay untuk tampil di Liverpool bersama band rock indie, Gomez, yang memiliki debut album, Bring It On.

Band ini mulai bekerja untuk album ini pada tahun 1999 dan menghasilkan EP dengan produser rekaman Chris Allison, band tidak puas dengan kerja sama nya bersama Allison. Oleh karena itu, Coldplay beralih kepada produser Nelson. Nelson telah menyatakan bahwa album ini adalah produksi bersama antara dirinya dan Coldplay.

Coldplay awalnya merencanakan untuk perekaman album Parachutes selesai dalam waktu dua minggu. Namun, dikarenakan pertunjukan live yang padat, sehingga rekaman selesai dari September 1999 hingga Mei 2000. Band ini melakukan rekaman lagu-lagu pada album ini di Rockfield Studios di Wales, Matrix Studios, dan Wessex Sound Studios, meskipun mayoritas lagu-lagu dalam album ini dikerjakan di Parr Street Studios di Liverpool. lagu yang diproduksi oleh produser Chris Allison yaitu "High Speed" juga dimasukkan ke dalam album ini. Album ini dimixed oleh insinyur Amerika, Michael Brauer, di New York. Label rekaman Parlophone, yang awalnya memperkerjakan insinyur untuk me-mixed lagu-lagu yang dibuat hanya untuk single album, tapi akhirnya Brauer mengerjakan untuk semua lagu di album Parachutes.

Cover foto album ini diambil dengan memakai kamera Kodak yang telah dibeli dari W H Smith untuk seharga £ 10, itu juga digunakan untuk fitur pada video musik untuk "Shiver" dan "Don't Panic", dan juga menyertai band pada tour mereka.

Album ini juga didedikasikan untuk ibu drummer Coldplay, Will Champion, Dr Sara Champion, yang meninggal karena kanker pada tahun 2000.

Komposisi album

Champion telah menjelaskan bahwa bekerja bersama dengan Nelson, band merasa nyaman selama perekaman album Parachutes. Aliran lagu-lagu dalam Album ini bergenre rock alternatif, terdengar mirip dengan lagu- lagu dari Radiohead dalam album The Bends dan OK Computer. Bahkan, telah dikatakan bahwa sukses album ini sebagian disebabkan oleh pengaruh musik dari Radiohead yang dijuluki band eksperimental.

Rilis dan penghargaan

Parachutes dirilis pada tanggal 10 Juli 2000 di Inggris melalui label rekaman Parlophone. Di Amerika Serikat, album ini dirilis pada tanggal 7 November 2000 oleh label rekaman Nettwerk. Sejak pertama rilis, album ini tersedia dalam berbagai format, baik Parlophone dan Nettwerk merilis dalam format CD pada tahun 2000, dan juga dirilis dalam format kaset pada label rekaman Capitol pada tahun 2001.

Versi utama album ini berisi 10 lagu. Versi di Jepang, album ini berisi 10 lagu utama dan 2 lagu tambahan yaitu "Careful Where You Stand" dan "For You". Track nomer tiga dalam album yang bertitle "Spies", sangat menarik perhatian beberapa orang dari pemerintahan Cina, yang mana ditafsirkan sebagai lagu anti Komunis. Hal ini menyebabkan album dilarang di edarkan di negeri itu, situasi yang membuat gitaris Jonny Buckland menganggap aneh.

Empat single yang dirilis dalam album ini: "Shiver", "Yellow", "Trouble", dan "Don't Panic". "Shiver" dijadikan sebagai single utama di Inggris, sementara "Yellow" dijadikan single utama di Amerika Serikat. Setelah peluncuran single "Trouble", Coldplay sempat membatalkan rencana awal untuk merilis single "Don't Panic" sebagai single keempat album ini, karena menurut mereka, tiga single dianggap sudah cukup untuk album ini. Meskipun demikian, lagu "Don't Panic" tetap dirilis sebagai single di beberapa daerah Eropa.

Sejak dirilis, album Parachutes telah menerima beberapa penghargaan. Album ini memenangkan Best Album dari Q Awards pada tahun 2000. Dan pada tahun yang sama, album ini menjadi nominasi di Mercury Music Prize. Pada tahun berikutnya, band ini meraih kategori Best Alternative Music Album pada Grammy Awards dan Best British Album di Brit Awards.

Komersial kinerja

Kinerja album Parachutes ini sangat baik di Inggris. Popularitas lagu-lagu di klub Inggris, pub dan acara olahraga mendukung album yang debutnya menduduki nomor #1 di UK Albums Chart ini. Album ini telah mendapatkan 7 Platinum dari British Phonographic Industry, dengan penjualan sekitar 2.400.000 copy, sampai saat ini.

Album ini telah mencapai angka 51 pada US Billboard 200, dan telah mencapai puncaknya pada nomer #1 di Billboard Heatseekers. Lebih dari 2 juta copy telah dikirim ke Amerika Serikat, yang membuat album ini mendapatkan 2 kali Platinum dari Recording Industry Association of America. Album ini juga telah mendapatkan 3 kali Platinum di Australia dari Australian Recording Industry Association, dan 2 kali Platinum di Kanada dari Canadian Recording Industry Association.

Daftar lagu

1. "Don't Panic" 2:17
2. "Shiver" 4:59
3. "Spies" 5:18
4. "Sparks" 3:47
5. "Yellow" 4:29
6. "Trouble" 4:30
7. "Parachutes" 0:46
8. "High Speed" 4:14
9. "We Never Change" 4:09
10. "Everything's Not Lost" (berakhir pada menit ke 5:28; lagu tersembunyi "Life Is for Living" dimulai pada menit ke 5:39) 7:15

Bonus lagu pada edisi Jepang:
11. "Careful Where You Stand" 4:45
12. "For You" 5:42

Tidak ada komentar:

Posting Komentar