Kamis, 27 Januari 2011

Hard Times and Nursery Rhymes (Social Distortion album)

Singles dari album "Hard Times and Nursery Rhymes":
1. "Machine Gun Blues"
Dirilis: 16 November 2010

"Hard Times and Nursery Rhymes" adalah album studio ketujuh dari band punk rock dari Amerika, Social Distortion, dirilis pada tanggal 18 Januari 2011. Album ini adalah album pertama band yang direkam bersama bassist Brent Harding, album pertama band dengan materi baru sejak album Sex, Love and Rock 'n' Roll (2004), dan album pertama mereka pada lebel Epitaph Records. Album ini dikerjakan mulai tahun 2006 dan pada awalnya diperkirakan untuk dirilis tahun 2007, tetapi diundur karena band sibuk melakukan tour dan menulis materi baru. Setelah empat tahun menulis, Social Distortion merekam album pada bulan Februari sampai Juli 2010 di Ocean Studios di Burbank, California. Drummer Atom Willard keluar dari anggota band selama sesi rekaman album ini untuk bergabung dengan band lain, Angels & Airwaves. Sementara dia digantikan oleh Scott Reeder sebelum David Hidalgo, Jr. bergabung sebagai drummer permanen baru band. Meskipun terdaftar sebagai anggota band di album, Hidalgo tidak benar-benar bermain di dalam album itu, melainkan waktu itu band menyewa musisi Josh Freese untuk sesi rekaman.

Sejarah

Pada bulan Agustus 2005, sebuah sumber memberitakan bahwa Social Distortion akan mulai mengerjakan album studio ketujuh mereka yang akan dirilis pada tahun 2006. Namun, anggota band Mike Ness mengatakan kepada Majalah Musik Crush bahwa album baru band "mungkin" tidak akan keluar pada tahun 2006 atau waktu dekat. Dia menjelaskan, "Saya merasa sepertinya kita mempunyai awal yang baik pada sebuah album baru, kami ingin mengerjakan album baru segera tapi aku ragu. Saya pikir saya akan menggunakan waktu saya sebaik-baiknya tahun depan untuk mengerjakan penulisan dan mungkin mulai akhir tahun 2006 rekaman akan dikerjakan. Tetapi aku tidak tahu apakah itu akan segera aku kerjakan". Juga dalam wawancara itu, Ness berjanji album ini tidak akan sampai delapan tahun untuk selesai, dengan merilis lebih dari tujuh tahun sejak album terakhir mereka.

Pada bulan Mei 2006, diberitakan bahwa Social Distortion telah mulai menulis dan belajar materi baru, dengan tanggal rilis album direncanakan tahun 2006/awal tahun 2007. Pada bulan Juli, Ness mengatakan kepada The Desert Sun bahwa band ingin berada di studio pada tahun 2007 untuk menyelesaikan album ketujuh mereka dan mengungkapkan bahwa "Bakersfield" adalah salah satu lagu baru yang mereka kerjakan. Ditanya dalam wawancara hal-hal apa yang Ness sedang tulis, ia menjawab, "pada terakhir rekaman band memiliki banyak lagu tentang cinta dan kehilangan, mungkin ini supaya rekaman saya menjadi berbeda..... Setiap rekaman anda ingin lebih baik dari rekaman sebelumnya dan sedikit berbeda kan..." Setelah memulai serangkaian tour di musim panas dan musim gugur 2006, band kembali ke studio pada bulan Desember untuk terus mengerjakan materi baru.

Ditanyakan pada bulan April 2007 tentang rencana Social Distortion untuk bulan-bulan mendatang, Ness menjawab, "Saya punya lagu yang cukup banyak template untuk album baru kami, dan kami masuk dan merekamnya. Kita akan merilisnya cepat. Kami kembali akan meletakkan hits terbesar kami di album ini.. Jadi jika orang ingin mendapatkan album ini akan terdengar seperti baru, mereka dapat mendengar seperti pada lagu "Far Behind", lagu yang saya tulis di tahun lalu, dan kami mulai merekamnya dan hasilnya mengagumkan. Lagu kami ini yang terbaik untuk hits terbesar karena dimulai pada awal karir kami dan berakhir sekarang". Pada bulan Juli 2007, Ness mengatakan kepada Billboard.com bahwa band telah mempunyai "banyak lagu" yang tidak pernah muncul di album Sex, Love and Rock 'n' Roll, dan meninjau demo lagu yang ia rekam pada tahun 1994.

Pada bulan Juli 2009, Ness dinyatakan kepada Tarakany! Bad TV Rusia bahwa Social Distortion berencana untuk masuk studio pada bulan Desember 2009 atau awal tahun 2010 untuk memulai rekaman album baru mereka. Pada bulan September tahun itu, ia menegaskan bahwa album ini akan direkam pada bulan Januari 2010 di Studio 606, sebuah studio yang dimiliki oleh Foo Fighters. Ditanyakan ketika album ini diharapkan akan dirilis, Ness menyatakan bahwa mungkin akan keluar pada musim semi atau musim panas 2010. Pada bulan Oktober, gitaris Jonny "2 Bags" Wickersham mengatakan pada Boston Examiner bahwa Social Distortion diharapkan untuk masuk studio pada tanggal 1 Februari untuk merilisnya diakhir musim semi. Ketika ditanya apa aliran musik band pada album ini, ia mengatakan bahwa album ini akan menjadi "very rock and roll" dan termasuk sebuah lagu country seperti album band, Somewhere Between Heaven and Hell (1992).

Pada tanggal 7 Februari 2010, Social Distortion mengumumkan pada account Twitter-nya bahwa akan mulai merekam album baru pada tanggal 8 Februari. Juga di bulan Februari, Ness mengungkapkan pada Spinner bahwa band baru saja memilih 12 lagu, dan "mungkin 5 lagu lagi". Dia mengatakan album yang diproduksi ini masih belum diberi judul, dan ia berharap untuk merilis sebelum akhir tahun ini, dan akan menampilkan suara klasik dari band yang dikombinasikan dengan musik punk, rock dan country. Dia menjelaskan, "Ini lucu, rekaman ini mengingatkan saya pada album Somewhere Between Heaven and Hell, namun aku juga membawa unsur musik punk New York Dolls pada awal 70-an, pengaruh yang mungkin belum keluar dalam tulisan saya di masa lalu."

Pada pertunjukan di Poughkeepsie, New York pada tanggal 27 Juli 2010, Ness mengungkapkan bahwa album baru Social Distortion akan diberi judul Hard Times and Nursery Rhymes, dan juga berjanji tanggal rilis pada bulan November.

Pada September 2010 sebuah isu dari majalah Rolling Stone mengklaim bahwa album ini akan dirilis pada tanggal 23 November 2010. Namun, Ness kemudian mengatakan bahwa tanggal rilis telah ditetapkan kembali sampai Januari 2011. Pada bulan Oktober 2010, band memberitakan album ini resmi akan dirilis pada tanggal 18 Januari 2011. Mereka juga mengatakan bahwa "Machine Gun Blues" akan menjadi single pertama album dan tersedia untuk di- download via iTunes pada 16 November.

Daftar lagu

Semua lagu ditulis dan disusun oleh Mike Ness, kecuali "Alone and Forsaken" oleh Hank Williams.
1. "Road Zombie"
2. "California (Hustle and Flow)"
3. "Gimme the Sweet and Lowdown"
4. "Diamond in the Rough"
5. "Machine Gun Blues"
6. "Bakersfield"
7. "Far Side of Nowhere"
8. "Alone and Forsaken"
9. "Writing on the Wall"
10. "Can't Take It With You"
11. "Still Alive"


Deluxe edition & vinyl bonus tracks:
12. "Take Care of Yourself"
13. "I Won't Run No More"
14. "Down Here (With the Rest of Us)" [not on vinyl]


Personnel

Mike Ness – vokal, gitar
Jonny Wickersham – gitar
Brent Harding – gitar bass
Josh Freese – drum, perkusi (dikreditkan untuk memainkan pada album ini, tetapi bukan sebagai anggota band)
David Hidalgo, Jr. – drum, perkusi (terdaftar sebagai anggota band di album ini tetapi tidak benar-benar memainkan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar