Sabtu, 15 Januari 2011

Doo-Wops & Hooligans (Bruno Mars album)

Singles dari album Doo-Wops & Hooligans:
1. "Just the Way You Are"
Dirilis: 19 Juli 2010
2. "Grenade"
Dirilis: 28 September 2010

"Doo-Wops & Hooligans" adalah debut album studio artis Amerika, Bruno Mars, dirilis pada tanggal 4 Oktober 2010. Mars yang menulis semua lagu dalam album ini, dan merangkap sebagai eksekutif produser pada tim produksi The Smeezingtons. Debut album ini menduduki pada nomor #3 di Billboard 200 dan menduduki pada sepuluh besar di Australia, Kanada, dan Selandia Baru. Dilihat dari judulnya, gaya vokal lagu-lagu pada album ini berbasis pada aliran musik R&B dan mencerminkan kesederhanaan, serta menarik bagi pendengar laki-laki dan perempuan.

Dua single digital "Liquor Store Blues" feat. Damian Marley dan "Grenade" dirilis untuk mempromosikan album. Single pertama album ini, "Just the Way You Are" dirilis pada tanggal 19 Juli 2010 dan menduduki puncak Billboard Hot 100 selama empat minggu berturut-turut, dan menjadi top 10 hits internasional. Lagu "Grenade" kemudian diumumkan sebagai single kedua, dan telah memetakan di sepuluh besar di Australia, Kanada, Selandia Baru, serta menduduki nomor #1 kedua kalinya berturut-turut di Amerika Serikat.

Latar Belakang album

Perilisan album Doo-Wops & Hooligans diumumkan dalam siaran pers pada tanggal 25 Agustus 2010, sebelumnya Mars sempat merilis debut untuk extended play (EP), It's Better If You Don't Understand, awal tahun tersebut. Mars mengatakan pada MTV News, versi EP memberikan efek yang bagus dari apa yang dijual toko-toko. Sampul untuk album Doo-Wops & Hooligans resmi dirilis pada tanggal 30 Agustus 2010. Urutan lagu dalam album resmi diungkapkan oleh Atlantic Records pada tanggal 9 September 2010. Tiga dari empat lagu dari It's Better If You Don't Understand juga disertakan pada album ini. Untuk judul album, Mars mengatakan kalau dia penggemar berat gaya vokal yang berbasis musik R&B "doo-wop".

Komposisi dan pengaruh lagu

Aliran musik dalam album Doo-Wops and Hooligans tercatat banyak terpengaruh dari unsur pop, rock, reggae, R&B, soul, dan hip hop. Untuk vokal Mars, banyak yang membandingankan dengan vokal Michael Jackson terutama pada "atmosfer" single "Grenade" dari lagu "Dirty Diana". Musik dalam lagu-lagunya juga bisa dibandingkan dengan gaya vokal penyanyi lain termasuk "Grenade" untuk Kanye West dan Shakira, "Just the Way You Are" untuk U2, "Our First Time" untuk D'Angelo, Al B. Sure!, dan Sade, "Runaway Baby" untuk Little Richard, "The Lazy Song" untuk Sugar Ray, "Marry You" untuk Coldplay, "Liquor Store Blues" untuk Bedouin Soundclash, dan "Count on Me" untuk Israel Kamakawiwoole.

Lirik lagu banyak digambarkan sebagai perasaan senang, riang, dan optimis, termasuk pada lagu "Just the Way You Are" pada liriknya: "When you smile, the whole world stops and stares for a while". Juga pada lagu tema persahabatan yang berjudul "Count on Me" pada liriknya: "You can count on me like 1 2 3/ I'll be there", dan lagu "Marry You", sebuah lagu tentang pernikahan.

Chart performance

Di Amerika Serikat, debut album Doo-Wops & Hooligans menduduki di nomor #3 pada Billboard 200 untuk pekan 13 Oktober 2010, terjual mencapai 55.000 copy. Debut album ini juga sama pada Canadian Albums Chart. Pekan berikutnya, album ini turun ke nomor dua belas di AS, dengan penjualan mencapai 27.000 copy. Album memuncak pada lima besar di Selandia Baru dan Australia, nomor 29 di Irlandia, dan nomor 79 di Inggris.

Daftar lagu

1. "Grenade"
Bruno Mars, Philip Lawrence, Ari Levine, Brody Brown, Claude Kelly, Andrew Wyatt
2. "Just the Way You Are"
Mars, Lawrence, Levine, Khalil Walton, Khari Cain
3. "Our First Time"
Mars, Lawrence, Levine, Dwayne Chin-Quee, Mitchum Chin
4. "Runaway Baby"
Mars, Lawrence, Levine, Brown
5. "The Lazy Song"
Mars, Lawrence, Levine, K'naan
6. "Marry You"
Mars, Lawrence, Levine
7. "Talking to the Moon"
Mars, Lawrence, Levine, Albert Winkler, Jeff Bhasker
8. "Liquor Store Blues" (feat. Damian Marley)
Mars, Lawrence, Levine, Chin- Quee, Mitchum Chin, Damian Marley, Thomas Pentz
9. "Count on Me"
Mars, Lawrence, Levine
10. "The Other Side" (feat. Cee Lo Green dan B.o.B)
Mars, Lawrence, Levine, Brown, Mike Caren, Patrick Stump, Kaveh Rastegar, John Wicks, Jeremy Ruzumna, Joshua Lopez, Bobby Simmons, Jr.

Deluxe Edition bonus tracks:
11. "Just the Way You Are" (Remix feat. Lupe Fiasco)
12. "Somewhere in Brooklyn" (EP version)

Japanese bonus tracks:
11. "Just the Way You Are" (Remix feat. Lupe Fiasco)
12. "Somewhere in Brooklyn" (EP version)
13. "Talking to the Moon" (Acoustic piano version)
14. "Just the Way You Are" (Live)
15. "Grenade" (Live)
16. "The Other Side" (Live)

UK bonus tracks:
11. "Somewhere in Brooklyn" (EP version)
12. "Talking to the Moon" (Acoustic piano version)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar